Platform Crowdfunding dan Crowdlending untuk Memudahkan Bisnis Anda

crowdfunding indonesia

Anda sedang berada di usia produktif dan ingin membangun sebuah usaha, namun tidak memiliki cukup modal? Jangan terlalu banyak menimbang dan segeralah melangkah. Jika meminjam di bank terasa sulit bagi Anda karena syarat dan administrasi yang rumit, maka Anda sebaiknya memilih salah satu inovasi ini sebagai solusi atas permasalahan Anda. Inovasi yang dimaksud adalah konsep crowdfunding dan crowdlending, dua platform yang saat ini sedang hangat diperbincangkan di Indonesia.

Platform crowdfunding secara sederhana diartikan sebagai urunan dana secara online. Anda hanya harus menjabarkan proyek kreatif Anda di sebuah situs yang menggunakan platform tersebut, lalu mengajukan permohonan seberapa besar bantuan dana yang dibutuhkan. Dengan itu, siapapun yang melihat bisa terlibat untuk ikut urunan.

Berbeda dengan crowdfunding, platform crowdlending mengharuskan para pemohon bantuan dana mengembalikan dana yang disumbangkan oleh para penyumbang secara berkala. Jadi, jika penyumbang dalam sistem crowdfunding hanya berlaku satu kali lalu selesai, maka penyumbang dalam sistem crowdlending bisa meminjamkan dana mereka berulang kali karena uang yang diberikan hanya dipinjamkan.

Startup dengan platform crowdfunding

Karena konsep gotong-royong selama ini tertanam dalam diri bangsa Indonesia, maka sistem crowdfunding cukup disambut hangat oleh masyarakat kita. Sejak tahun 2012, banyak startup dengan platform ini yang bermunculan. Berikut dua diantaranya:

1. KitaBisa.com

KitaBisa.com terkenal sebagai situs crowdfunding yang memfasilitasi proyek sosial. Namun sebenarnya, KitaBisa.com menerima segala jenis proyek lainnya seperti teknologi, seni, dan juga bisnis. KitaBisa.com selalu melakukan verifikasi pada setiap kampanye yang masuk. Para penggagas proyek pun diwajibkan untuk terus melaporkan perkembangan kampanyenya.

2. Carincara.com

Sedikit berbeda dengan KitaBisa.com, Carincara.com adalah tempat untuk pengusaha kreatif lokal melakukan preorder untuk produk kreatifnya. Dengan melakukan preorder, pembeli membantu memberikan permodalan yang dibutuhkan bagi pengusaha lokal untuk berkarya dan berkreasi. Selain itu, dengan preorder pembeli juga akan mendapatkan diskon menarik dari penjual.

Startup dengan platform crowdlending

Crowdlending biasanya memberikan pinjaman kepada unit usaha yang telah berjalan dan menghasilkan uang tunai. Berikut adalah beberapa situs dengan platform crowdlending:

1. GandengTangan

GandengTangan.org adalah wadah kolaborasi bagi pemilik usaha yang membutuhkan modal dengan publik yang ingin membantu dengan memberikan pinjaman. Situs ini baru dibentuk pada Maret 2015. Baru dua tahun berjalan, GandengTangan berhasil memberikan total pinjaman lebih dari Rp 300 juta dengan 3500 lebih orang yang menerima manfaat.

2. Modalku

Modalku menyediakan platform untuk mendukung pertumbuhan pengusaha dan bisnis kecil, serta mendirikan alternatif investasi yang menarik dan terpercaya untuk pemberi pinjaman. Pinjaman dana Modalku dimulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar, dengan tenor 3, 6, 12, 15, 18, 21, dan 24 bulan. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan proses pinjaman pun tidak terlalu lama, hanya empat hari kerja. Sampai saat ini, wilayah cakupan operasional Modalku adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

3. UangTeman

UangTeman merupakan pionir pinjaman online mikro di Indonesia. Stratup ini sudah mendaftar ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga seluruh aktivitasnya di bawah pengawasan lembanga tersebut. Jika ingin meminjam dana di UangTeman, Anda tak perlu mengagunkan atau menjaminkan barang berharga sebagai jaminan. Jumlah nominal yang harus Anda bayarkan di akhir jangka waktu pinjaman juga akan sama persis dengan kesepakatan awal.


Dengan banyaknya pilihan tersebut sebagai sarana mendapatkan dukungan, maka sudah tidak ada lagi alasan bagi Anda tidak bisa membangun usaha karena kurangnya modal. Semua menjadi lebih mudah asal Anda berusaha dengan lebih kreatif.

Semoga berhasil!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait