Rekrut Fresh Graduate Berkualitas dengan 5 Strategi Ini

fresh graduate

Berencana untuk melakukan perekrutan pegawai baru dalam waktu dekat? Jangan sampai Anda melewatkan satu kelompok yang pasti akan ada dalam jajaran kandidat calon pegawai Anda, yaitu para fresh graduate dari jenjang kuliah. Merekut fresh graduate terkadang bisa sangat tricky. Semangat yang masih menggebu-gebu setelah lulus dari kuliah mungkin diperlukan oleh perusahaan Anda, tapi apakah skill-nya memang memadai? Simak strategi berikut agar Anda bisa merekrut fresh graduate berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda:

1. Lakukan riset

Di setiap universitas, ada banyak kesempatan yang tersedia bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman dunia nyata. Pengalaman tersebut tentu akan sangat berguna bagi perusahaan Anda. Oleh sebab itu, lakukan riset untuk mengetahui bagaimana fresh graduate yang melamar ke perusahaan Anda mendapatkan pengalaman tersebut. Mungkin mereka pernah melakukan siaran televisi melalui kelas broadcasting? Berkontribusi dalam majalah online? Memenangkan penghargaan pada bidang tertentu? Carilah portofolio mereka untuk melihat pengalaman-pengalaman lainnya. Blog personal juga biasanya berguna bagi Anda untuk menentukan penilaian terhadap karya-karya kandidat Anda.

2. Promosikan lowongan melalui konten mobile

Pada tahun 2015, Careerbuilder mengadakan survei terhadap 2.000 perekrut. Hasilnya, 52% di antara mereka ternyata menggunakan media sosial untuk melakukan riset kandidat calon pegawai mereka. Hal ini disebabkan oleh pencarian pekerjaan yang marak dilakukan melalui mobile oleh para fresh graduate. Mereka tertarik apabila bisa apply hanya dengan beberapa klik melalui gadget mereka. Para fresh graduate ini pun tidak lagi hanya mengandalkan event job fair untuk mencari pekerjaan, namun juga menggunakan situs-situs seperti JobStreet. Anda bisa memenuhi kebutuhan fresh graduate tersebut dengan memasang lowongan di situs-situs serupa dan menyertakan copywriting yang menarik agar mereka “terpanggil” untuk mendaftar.

3. Passion daripada pengalaman

Jika ada satu hal yang menjadi kekurangan fresh graduate adalah pengalaman yang minim. Anda tidak tahu apakah kandidat fresh graduate tersebut mampu mentransfer ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah ke dunia kerja. Strateginya, Anda bisa mencari tahu hal-hal yang menajdi passion para fresh graduate. Apapun passion-nya, hal tersebut mampu menunjukkan dedikasi dan komitmen. Kedua karakter tersebut sering kali mewakilkan gairah bekerja yang dimiliki oleh fresh graduate, yang tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan Anda. Sebagai opsi lain, Anda juga bisa menanyakan hal seperti “Apa yang bisa Anda ajarkan kepada saya sebagai seseorang yang ahli dalam sebuah subyek?” Dari pertanyaan tersebut, Anda tidak hanya mengetahui passion sang fresh graduate, tapi juga cara mereka dalam mengomunikasikan pengetahuan tertentu.

4. Mengadakan program magang

Dalam hal ini, program magang dapat menjadi strategi bagi Anda untuk “mencoba” kinerja kandidat fresh graduate tertentu sebelum benar-benar mengangkatnya jadi pegawai tetap. Melalui program magang, Anda bisa mengetahui kandidat mana yang benar-benar memiliki kualitas diri terbaik. Di sisi lain, fresh graduate juga mendapat kesempatan untuk mengeksplor kemampuan diri mereka sendiri. Siapa tahu bahwa ternyata seorang fresh graduate dari jurusan teknik lebih mahir dalam melakukan proses marketing?

5. Berikan penawaran yang tidak bisa ditolak

Hanya karena seorang fresh graduate melamar di perusahan Anda, belum tentu mereka akan benar-benar menerima tawaran pekerjaan Anda, mengingat bahwa kemungkinan besar mereka juga mendaftar di banyak perusahaan lain. Kunci ketertarikan mereka terhadap perusahaan Anda dengan memberinya tawaran yang susah ditolak. Bagi fresh graduate, budaya perusahaan dan kreativitas pegawai biasanya menjadi nilai tersendiri yang akan dipertimbangkan oleh mereka. Fresh graduate sadar bahwa mungkin upah pertama mereka tidak akan terlalu besar, tapi mereka membutuhkan image dan prestige untuk mendukung status mereka sebagai first jobber. Keseimbangan dunia kerja juga menjadi hal yang perlu Anda tawarkan bagi mereka.


Sudah siap berburu pegawai terbaik untuk perusahaan Anda? Jangan remehkan kemampuan fresh graduate. Dengan menerapkan beberapa strategi di atas, Anda bisa mendapatkan fresh graduate berkualitas terbaik untuk memajukan perusahaan Anda. Good luck!

Sumber: Accounting Web, Enterpreneur

Join Us

Artikel - Artikel Terkait