Search vs Display: Jaringan AdWords Mana yang Harus Anda Investasikan?

google adwords

Banyak digital marketer dari seluruh penjuru dunia terkejut saat situs eMarketer menerbitkan laporan yang menunjukkan bahwa saat ini banyak pebisnis cenderung menggunakan iklan dalam bentuk display dan akan menyisihkan lebih banyak anggaran untuk hal tersebut. Fakta ini tentu saja mematahkan pendapat yang menganggap bahwa search ads adalah pilihan yang terbaik sebagai metode periklanan di dunia online.

Tak peduli apakah Anda seorang pemula atau pebisnis yang sudah berpengalaman, menentukan pilihan untuk menggunakan search atau display ads dalam rangka memasarkan produk atau jasa dari bisnis online adalah hal yang cukup sulit. Memilih jaringan AdWords yang salah tentu berpotensi menggagalkan pemasaran bisnis yang selama ini telah dilakukan. Lantas, manakah jaringan AdWords terbaik yang dapat menghasilkan banyak konversi?

Pertimbangkan faktor brand awareness

Dalam hal membangun brand awareness kepada para konsumen atau pelanggan bisnis Anda, display ads adalah salah satu metode terbaik untuk membangun kesadaran bagi perusahaan dan brand sebab tidak bergantung pada pengguna untuk mencari bisnis Anda. Display ads ini akan ditampilkan hanya untuk pengguna yang cocok dengan demografi dan riwayat penelusuran sebelumnya.

Namun demikian, visibilitas display ads tidak sesuai dengan jumlah kunjungan yang dilakukan pengguna. Sebaliknya, search ads dapat dengan cepat mengarahkan pelanggan Anda ke konversi, seperti penjualan atau download. Dengan kata lain, search ads lah yang biasanya mengarahkan pelanggan ke konversi, sedangkan display ads efektif untuk membangun awareness dan loyalitas pelanggan terhadap sebuah brand atau campaign.

Pastikan keberhasilan iklan diukur dengan tepat

Melalui search ads, Anda dapat dengan mudah melakukan monitor untuk mengetahui seberapa baik kampanye produk bisnis Anda dilakukan. Cukup tarik akun AdWords Anda, pilih tab Kampanye, dan pilih "Kata Kunci". Langkah-langkah ini akan menunjukkan dengan tepat seberapa baik respon pelanggan terhadap kata kunci dan frasa yang Anda gunakan.

Di sisi lain, display ads juga dapat dengan efektif meningkatkan angka visibilitas. Apabila Anda menggunakan display ads, iklan tersebut juga ditunjukkan kepada pelanggan yang mungkin tidak berpikir untuk mencari produk atau layanan Anda. Bahkan jika Anda tidak menargetkan audiens, mereka masih akan dengan jelas melihat apa yang menjadi produk bisnis Anda.

Perhatikan jenis layanan atau produk

Iklan tertentu mungkin tidak langsung memberikan ROI tertinggi, sebab hal tersebut tergantung pada jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan. Menggunakan display ads untuk beriklan mungkin sulit menguntungkan jika layanan Anda adalah sesuatu yang potensial yang mungkin dibutuhkan pelanggan dengan segera. Namun, bukan berarti layanan Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari display ads.

Search ads memiliki ROI yang lebih besar. Hal ini dapat dibuktikan melalui makalah kerja yang diterbitkan oleh Harvard Business School bahwa search ads memiliki ROI 300% lebih besar jika dibandingkan dengan ROI display ads.


Menentukan jaringan AdWords mana yang terbaik untuk bisnis Anda memang sulit, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Saat baru memulai kampanye produk, mungkin Anda harus kembali mempertimbangkan faktor-faktor penting lainnya seperti anggaran dana, volume search, dan tujuan dari pemasangan iklan tersebut.

Tak ada salahnya mengimplementasikan keduanya pada saat yang bersamaan. Hal ini berarti Anda menjangkau pelanggan di titik yang berbeda namun memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Yang terpenting adalah, persiapkan metrik yang berbeda untuk mengukur performa dari dua jenis iklan tersebut.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Search Engine Watch, Techwyse