Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Dompet Digital

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Dompet Digital

Hadirnya dompet digital di dalam kehidupan masyarakat Indonesia disambut dengan cukup baik. Selain bisa memudahkan transaksi keuangan, pengguna juga bisa transfer sejumlah dana untuk pembayaran produk atau jasa dengan lebih efektif dan efisien. Bahkan, saat ini Anda sudah bisa melakukan online shopping di beberapa situs e-commerce atau toko online dengan cepat dan mudah menggunakan dompet digital.

Memahami cara kerja dompet digital

Dengan menggunakan sistem elektronik berbasis internet, sistem kerja dompet digital dapat meringkas segala aktivitas transaksi keuangan Anda. Dibandingkan dengan transaksi konvensional, sistem kerja dompet digital ini terhubung secara nirkabel dengan bantuan NFC atau Near Field Communication. Oleh karena itu, Anda bisa mengisi saldo dompet digital hanya dengan memanfaatkan mobile banking atau transfer bank langsung.

Selain NFC, saat ini dompet digital juga menerapkan sistem QR (Quick Response) menggunakan kode batang atau barcode. Jadi, untuk menyelesaikan transaksi pengguna hanya perlu melakukan scan barcode pada perangkat yang tersedia. Tidak jarang, merchant-merchant yang telah bekerja sama juga akan memberi promo potongan harga untuk sistem pembayaran menggunakan dompet digital ini.

Meningkatkan pendapatan UMKM

Bukan hanya masyarakat umum sebagai pengguna dompet digital saja yang diuntungkan, sebagian besar pelaku bisnis UMKM juga mendapat peningkatan pendapatan berkat hadirnya dompet digital. Hal ini disebabkan oleh banyaknya penawaran kerja sama yang diberikan oleh platform penyedia dompet digital yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda. Upaya ini tentunya juga merupakan langkah positif dalam mendukung digitalisasi perekonomian di Indonesia.

Menentukan platform dompet digital di Indonesia

Dilansir dari laman Detik, saat ini sudah lebih dari 30 platform penyedia dompet digital yang terdaftar secara resmi dan mendapat izin dari Bank Indonesia. Angka ini bahkan diprediksi akan terus meningkat, mengingat tingginya minat masyarakat terhadap penggunaan fasilitas e-wallet ini. Baik pengguna konsumtif atau pebisnis, diharapkan dapat memilih platform terbaik dengan fitur layanan yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga platform tersebut mudah digunakan sehingga transaksi keuangan dapat berjalan lancar.

Cara aman bertransaksi dengan dompet digital

Anda tertarik untuk segera beralih menjadi masyarakat cashless dengan menggunakan dompet digital? Mulailah dengan mengisi formulir pendaftaran dengan benar. Masukkan informasi pribadi, seperti nomor handphone dan alamat email yang aktif. Selain itu, buat kombinasi password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain agar risiko kehilangan dapat diminimalisasi. Ingat, seluruh transaksi menggunakan dompet digital membutuhkan password sehingga Anda wajib mengingatnya dengan benar.

Meski top up saldo pada akun dompet digital bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, sebaiknya hindari untuk mengisi saldo secara berlebihan. Hal ini penting untuk mencegah Anda membelanjakan uang secara berlebihan. Waktu pengisian saldo juga bisa Anda jadwalkan, misalnya setiap satu minggu sekali.


Satu lagi hal menarik yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan dompet digital, yaitu melacak keuangan pribadi agar seluruh transaksi tercatat dengan detail. Dengan begitu, Anda bisa mengatur keuangan lebih baik melalui dompet digital, bukan? Di samping itu, dari segi keamanan pun Anda tak perlu khawatir sebab saldo dompet digital memiliki sistem keamanan yang ketat, baik melalui scan barcode ataupun pin dan password yang telah terdaftar sebelumnya.

Sumber: The Guardian, Detik, Cermati