Sharing Konten dengan Efektif di Berbagai Platform Media Sosial

konten media sosial

Membuat konten media sosial yang mampu menarik perhatian konsumen memerlukan usaha yang lebih dan dedikasi pada setiap prosesnya. Diperlukan juga trial dan error pada setiap posting yang Anda buat. Pasti Anda mengharapkan posting Anda disukai oleh audiens Anda dan meningkatkan engagement atau interaksi antara brand dan audiens Anda. Berikut tips yang dapat Anda terapkan untuk menampilkan konten media sosial yang lebih menarik melalui berbagai platform yang berbeda :

Buat Judul atau headline yang menarik

Semua orang pasti mengerti pentingnya headline dalam media sosial. Jangan terpaku pada format click-bait, tapi ciptakanlah headline yang jelas namun mampu membangkitkan emosi pembaca saat membacanya. Pastikan juga agar headline atau judul sesuai dengan konten dari media sosial. Untuk mendapatkan headline yang menarik, ciptakan beberapa pilihan dan cobalah kepada target audiens Anda.
Coba ciptakan pesan yang berbeda untuk konten yang sama dan lacak pesan mana yang paling efektif.

Optimalkan peranan masing-masing media sosial

Setiap media sosial memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda menyampaikan konten yang sama untuk semua platform media sosial, pastikan untuk menyesuaikan dengan media sosial yang Anda gunakan. Misalnya gunakan konten yang singkat untuk Twitter atau gunakan foto yang sempurna untuk tampilan di Instagram Anda. Karena audiens akan memeriksa semua media sosial Anda untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai produk atau brand Anda.

Gunakan variasi untuk setiap konten Anda

Sesuatu yang sama dan berulang akan membuat audiens Anda bosan dan menyebabkan berkurangnya engagement di media sosial. Hal ini pun dapat menyebabkan terjadinya pengurangan terhadap jumlah followers Anda di media sosial. Anda tidak bisa hanya mengandalkan postingan konten atau foto yang sama secara terus menerus. Gunakan variasi konten seperti video pendek atau GIF untuk menarik perhatian audiens. Pastikan juga agar Anda mengetahui trend terbaru yang disukai oleh audiens Anda.

Jangan pernah memposting banyak hal dalam satu kali update

Perhatikan jeda waktu yang diberikan dalam setiap kali Anda memposting konten di media sosial. Posting yang terlalu banyak membuat audiens yang membaca mengalami kelebihan informasi (information overloaded) bahkan bisa menganggu audiens Anda. Anda dapat memposting konten beberapa kali dalam satu waktu jika konten tersebut bersifat darurat dan harus diketahui oleh audiens secara langsung dan cepat. Untuk memudahkan Anda, gunakan social media publishing untuk membantu Anda dalam membuat jadwal dan memposting konten media sosial Anda. Hal ini dapat memudahkan audiens untuk membaca dan memperkirakan waktu posting Anda, sehingga dapat meningkatkan engagement dengan audiens.

Akhiri setiap posting media sosial Anda dengan Call to Action

Setelah Anda memposting konten media sosial Anda, lalu apa yang Anda harapkan dari audiens Anda selanjutnya? CTA atau call to action yang tepat mampu mengarahkan konsumen untuk berperilaku seperti yang Anda harapkan. Manfaatkan media sosial tidak hanya terbatas dengan mengumpulkan jumlah likes atau followers tapi untuk melakukan aksi yang sesuai dengan pencapaian target Anda, misalnya meningkatkan penjualan produk atau sign up user. Berikut tips yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan CTA yang tepat bagi media sosial Anda:

  • Tawarkan informasi lebih pada setiap konten media sosial Anda
  • Berikan audiens untuk daftar atau memanfaatkan free trial terhadap produk Anda
  • Minta audiens Anda untuk menggunakan kode diskon khusus yang Anda informasikan melalui media sosial
  • Tawarkan hadiah khusus untuk action seperti likes atau sharing posting Anda

Gunakan prinsip 1/3 untuk konten media sosial Anda

prinsip media sosial

Meskipun bisnis Anda fokus terhadap penjualan produk atau service, namun audiens Anda tidak ingin mendengarkan dan membaca promosi terus-menerus. Gunakan konten yang mampu membangun engagement antara brand dan audiens Anda seperti aturan yang tercantum dalam gambar di atas. Dengan mengikuti aturan dan porsi yang tepat maka audiens Anda akan tetap mengikuti media sosial Anda dan meningkatkan nilai konversi toko online Anda.

Semoga tips tersebut berguna dan dapat Anda manfaatkan untuk bisnis Anda!

Sumber : Hootsuite

Join Us

Artikel - Artikel Terkait