Strategi Facebook Ads untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

facebook

Bila diperkirakan, Facebook merupakan rumah bagi 1,18 miliar pengguna aktif pada setiap harinya, mulai dari para CEO, pelajar hingga perusahaan. Karena banyaknya komunitas yang dapat Anda temukan di dalam Facebook, berhubungan dan membentuk jaringan dengan mereka untuk tujuan marketing tidak selalu mudah. Khusus bagi sebuah brand, memposting atau mengupdate status atau pembaharuan saja tidak cukup apalagi bagi Anda yang baru mendirikan brand Anda.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan Facebook Ads. Melalui optimasi iklan dalam Facebook bisa membantu menghemat biaya promosi Anda. Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis melalui Facebook Ads.

Gunakan Facebook Video Ads

Menampilkan sebuah video di dalam New Feed milik pengguna Facebook merupakan cara yang paling praktis dilakukan daripada hanya memposting status yang sangat datar dan kurang menarik perhatian. Anda tentu tidak ingin melewatkan sekitar 1,18 miliar pasang mata yang menonton video di Facebook setiap harinya, kan? oleh karena itu, buatlah beberapa jenis iklan yang menarik sehingga bisa membawa keuntungan untuk bisnis Anda.

Sebelum membuatnya, Anda harus memahami beberapa persyaratan iklan video di dalam Facebook seperti berapa ukuran panjang dan durasi video tersebut. Namun, sebaiknya Anda membuat sebuah video iklan sesingkat mungkin meskipun Facebook tidak terlalu membatasi durasi video yang akan Anda buat.

Iklan multi-produk

Fitur iklan multi-produk memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa gambar dalam satu iklan. Para audiens dapat menelusuri gambar dan men-klik setiap tautan ke setiap produk yang Anda pasang. Anda juga bisa mempromosikan beberapa hal, bukan hanya produk, tetapi seperti posting blog, e-books, webinar, dan juga webinar lainnya. Sama menarik dan interaktifnya dengan video, para pelanggan terkadang hanya ingin mengulir dan melihat berapa banyak produk yang Anda pasang. Intrik alami pada tubuh manusia juga secara alami membawa Anda untuk mengklik dan bermain dengannya.

Gunakan facebook ‘offer’

Memang tidak bisa dipungkiri jika hampir semua orang menyukai penawaran menarik seperti potongan harga dan para pelanggan cenderung akan mengklik iklan milik Anda ketika terlihat kata ‘diskon’ di dalamnya. Jika Anda telah berhasil menjual produk, Anda bisa membuat iklan khusus untuk penawaran menarik atau potongan harga. Hal yang paling menarik dari diskon ini adalah calon pembeli Anda tidak harus meninggalkan Facebook untuk mendapatkan penawaran tersebut. Para pelanggan juga bisa mengetahui berapa banyak orang yang sudah men-klaim diskon atau penawaran milik Anda.

Membuat ajakan call-to-action khusus

Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh Facebook. Melalui cara ini, kini Facebook sudah bisa membantu Anda untuk membuat suatu call-to-action secara personal. Caranya, ketika Anda ingin menyiapkan iklan, pilih pada bagian ‘Text and links’ karena pada bagian ini Anda akan diminta untuk memilih beberapa drop down option seperti ‘Shop now,’ ‘learn more,’ ‘sign up,’ dan lainnya. Pada bagian ini Anda juga bisa memasukkan peraturan call-to-action sesuai yang Anda inginkan.

Retargeting ads

Dalam fitur Retargeting Ads, Anda sebagai pemasang iklan bisa mempromosikan iklan Anda ke orang lain secara spesifik yang sudah diidentifikasikan sebelumnya. Para pengiklan juga dapat mengiklankan produk ke daftar prospek atau pelanggan dengan mengunggah daftar alamat yang sudah ada ke Power Editor untuk membuat custom audience. Anda bisa menargetkan iklan tersebut berdasarkan pendapatan, usia, status hubungan, dan juga lainnya. Penargetan semacam ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan pelanggan potensial dengan lebih mudah dan pasti.

Menggunakan latar belakang putih

Melansir bitcatcha, para pakar periklanan telah melakukan ribuan tes dan menyimpulkan bahwa penggunaan latar belakang putih mendorong lebih banyak klik dari para pengguna. Karena latar berwarna putih secara umum dapat mudah menarik perhatian. Sebagian besar perancang web juga menggunakan latar putih untuk membuat objek utama dalam web-nya lebih menonjol.

Itulah beberapa trik sederhana yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan Facebook Ads. Semoga beruntung.

Sumber: Bitcatcha, Hubspot Blog

Join Us

Artikel - Artikel Terkait