Strategi Mendapatkan Lebih Banyak Komentar pada Facebook Post

komentar facebook

Banyak alasan yang bisa melatarbelakangi keinginan Anda untuk mendapatkan komentar yang lebih banyak pada postingan akun Facebook bisnis Anda. Mungkin Anda ingin meningkatkan engagement atau membuat postingan lainnya menjadi lebih terlihat. Nah, pada artikel ini Anda akan disuguhkan tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak komentar pada postingan Facebook Anda. Penasaran?

Mengapa komentar di Facebook penting?

Di dunia media sosial yang serba cepat, bukanlah hal mudah untuk membuat orang-orang tertarik dan terlibat dalam bisnis yang Anda jalani di Facebook. Semakin banyak orang yang terlibat dalam Facebook Anda, semakin banyak pula orang yang akan melihat update bisnis Anda melalui Facebook.

Komentar adalah metode paling efektif dalam menggambarkan keterlibatan di Facebook. Hal ini menunjukan bahwa banyak orang yang merasa tertarik untuk bergabung dan terlibat pada diskusi yang Anda bawa. Jadi, bagaimana caranya agar Anda bisa menarik lebih banyak komentar pada posting halaman Facebook dan halaman posting iklan?

Posting pertanyaan untuk memicu respon

Mengajukan pertanyaan merupakan metode paling efisien untuk melibatkan seseorang, baik pembaca blog atau followers Facebook Anda. Pertanyaan dapat memicu refleks alami manusia yang disebut dengan instinctive elaboration. Refleks ini memaksa orang-orang untuk berhenti sejenak dan mulai mencari atau merumuskan jawaban.

Setiap audiens itu unik, sayangnya tidak ada resep tunggal untuk membuat pertanyaan memikat pada postingan Facebook Anda. Namun, Anda dapat membuat pertanyaan berdasarkan beberapa panduan berikut selagi bereksperimen dan mencari formula yang tepat. Kualitas dari pertanyaan yang baik adalah:
a. Terbuka – pertanyaan yang mendorong terjadinya diskusi terbuka.
b. Tepat waktu – pertanyaan yang berkisar pada tren atau topik hangat saat ini.
c. Mudah – tidak membutuhkan proses berpikir yang berat dan dapat mendorong jawaban yang emosional.

Dorong followers untuk memberi komentar

Cara terbaik untuk membuat orang lain melakukan sesuatu adalah dengan meminta. Apabila Anda menginginkan lebih banyak komentar, minta orang-orang untuk memberi komentar dan buat pemberian komentar tersebut mudah mereka lakukan. Tapi jangan lupa untuk membuatnya tetap menarik dan menghibur.

Catat juga bahwa Anda hanya boleh meminta keterlibatan yang otentik. Facebook tidak menyukai “umpan keterlibatan” dan juga kan memberi pinalti kepada update yang secara eksplisit meminta like atau komentar. Jadi, daripada secara langsung meminta audiens untuk memberi komentar, Anda dapat menggunakan tipe update di bawah ini untuk memancing diskusi:
a. Caption this – postinglah sebuah gambar lucu dan minta followers Anda untuk membuat caption yang lucu dan menarik.
b. Fill in the blank – Buatlah kalimat lucu atau edgy dan ajak followers Anda untuk mengisi bagian yang kosong.
c. Multiple choice – mintalah followers Anda untuk membantu Anda mengambil keputusan mengenai sesuatu. Misalnya dengan memberikan mereka kuasa untuk memilih banner atau materi pemasaran Anda selanjutnya.

Sebagai informasi, National Geographic adalah salah satu dari halaman paling banyak dikomentari berkat postingan “Caption this”-nya. Cara ini biasa digunakan secara teratur untuk melibatkan penggemar dengan gambar-gambar binatang.

Beri kesempatan untuk menunjukkan diri

Sebagian orang suka memperlihatkan apa yang mereka punya. Jadi kenapa tidak memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan komentar Facebook Anda. Anda dapat meminta followers Anda untuk membagikan link ke halaman Facebook mereka mengenai kegiatan yang dilakukan saat weekend misalnya pada kolom komentar. Cara ini cukup efektif untuk membuat orang terlibat pada postingan Anda karena berkaitan langsung dengan mereka.


Itulah 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah komentar postingan Facebook Anda sekarang. Selamat mencoba!

Sumber: Social Media Examiner, POST PLANNER