Strategi Menggunakan Facebook Event Ads untuk Meningkatkan Penjualan Tiket Event

tiket event

Jumlah pengguna Facebook tergolong tinggi jika dibandingkan dengan media sosial lainnya. Menurut survei yang dilakukan Hootsuite, di Indonesia saja, pengguna Facebook sudah mencapai 130 juta pengguna. Ini mengukuhkan negara kita sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar keempat di dunia. Dengan demikian, Facebook memiliki potensi yang begitu besar untuk menjangkau banyak orang.

Dengan jangkauan yang lebih luas ini Anda dapat memanfaatkan Facebook untuk meningkatkan penjualan tiket event Anda. Tetapi apakah cukup hanya mengandalkan akun Facebook dan layanan promosi event gratis yang disediakan? Anda mungkin juga harus mulai mempertimbangkan Facebook Event Ads. Apakah itu Facebook Event Ads dan bagaimana fitur ini dapat membantu meningkatkan penjualan tiket? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Facebook Event Ads

Facebook Event Ads merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Facebook untuk mempromosikan event yang Anda selenggarakan. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda jelas harus membuat event melalui Facebook terlebih dahulu. Pastikan juga Anda menjadi administrator atau editor dari halaman event tersebut.

Dengan Facebook Event Ads, Anda dapat meningkatkan awareness sekaligus interest dari para calon audiens, sekaligus meningkatkan penjualan tiket event. Lebih baik lagi jika Anda telah bekerja sama dengan layanan penjualan tiket karena dalam Facebook Event Ads ini juga dapat langsung melayani penjualan tiket.

Tentukan Target Facebook Event Ads

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Facebook Event Ads, tentukanlah target terlebih dahulu. Bagaimanapun juga Facebook Event Ads memerlukan budget, sehingga Anda perlu memikirkannya dengan seksama. Target bisa beragam mulai dari yang terkait dengan event exposure hingga yang terkait dengan peningkatan event sales.

Dengan menentukan target yang ingin diraih saat menggunakan Facebook Event Ads, maka Anda dapat menentukan jenis event advertising mana yang tepat. Menentukan jenis event advertising yang tepat akan menghemat banyak waktu Anda. Selain itu, Anda juga akan lebih fokus karena hal yang dipromosikan telah tersegmentasi dengan baik.

Mengenal Jenis Facebook Event Ads

Ada dua jenis Facebook Event Ads:
• Untuk memaparkan informasi event. Ads jenis ini digunakan untuk memberitahukan informasi terkait event. Tidak hanya itu, ads ini juga akan mengumpulkan reaksi viewer terhadap event yang Anda selenggarakan.
• Untuk meningkatkan event sales. Tipe ads ini tidak hanya menyediakan informasi tapi juga link untuk ticketing event.

Dalam Facebook Event Ads, Anda diperbolehkan untuk mengatur event sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda ingin mendapatkan respon yang lebih banyak dari audiens, pilihlah opsi “Get More Responses”. Jika Anda ingin event sales meningkat, bisa coba memilih opsi “Sell More Tickets” atau “Boost Event”.

Facebook Pixel

Untuk memaksimalkan Facebook Event Ads, Anda dapat menginstall Facebook Pixel pada laman event ticketing. Dengan ini Anda dapat menentukan jenis audiens yang kira-kira akan datang ke event yang akan digelar. Audiens ini disebut dengan “lookalike audiences”, mereka cenderung memiliki ketertarikan dan karakter yang sama.

Facebook Pixel adalah semacam “kode” yang dapat mengoptimalkan iklan untuk penjualan tiket serta pendataan untuk calon audiens dari event yang akan Anda gelar. Fitur ini akan semakin baik jika Anda menggunakannya bersamaan dengan layanan penjualan tiket seperti Eventbrite. Dengan bantuan situs ini, Pixel akan lebih mudah melacak penjualan event Anda.


Semoga fitur-fitur Facebook Event Ads diatas dapat berguna untuk meningkatkan ketertarikan audiens pada acara bisnis Anda. Selamat mencoba!

Sumber: Eventbrite Blog, Social Media Examiner