Strategi Mengoptimalkan Listing Google Bisnisku

Google Bisnisku

Sebagai fitur gratis yang dapat digunakan dengan mudah oleh para pebisnis, Google Bisnisku sangat bermanfaat untuk membuat usaha Anda lebih mudah ditemukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dari mana saja. Dengan Google Bisnisku, Anda dapat melakukan verifikasi informasi bisnis, mengelola review pelanggan, mendapatkan laporan tentang cara-cara pelanggan berinteraksi secara online dengan bisnis, serta membangun brand dengan lebih profesional.

Mendapatkan akses Google Bisnisku dapat secara otomatis meningkatkan peluang bisnis Anda muncul di Google Local Pack, Finder Lokal, Google Maps, dan peringkat organik pada umumnya. Menariknya, Anda juga bisa memuat informasi dasar tentang perusahaan seperti alamat, nomor telepon, waktu operasional, jam kunjungan terbaik, bahkan jenis pembayaran yang dapat diterima oleh bisnis Anda.

Untuk mulai menggunakan fitur ini, Anda terlebih dulu diwajibkan untuk mengklaim dan melakukan verifikasi Google My Business Listing di halaman berikut. Masih belum tahu bagaimana cara optimalkan Listing Google Bisnisku? Simak panduan lengkapnya di sini.

Lengkapi seluruh informasi bisnis

Anda dapat melanjutkan proses optimisasi Google Bisnisku dengan mengisi seluruh informasi yang harus Anda lengkapi. Pastikan data-data seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan jam operasional telah diisi dengan akurat. Lebih lanjut, Anda juga perlu masuk ke dashboard Google Bisnisku secara rutin. Tujuannya untuk memastikan agar tidak ada yang mencoba membuat perubahan tidak diinginkan pada cantuman Anda.

Pasalnya, siapa saja yang menemukan halaman bisnis Anda dapat melakukan perubahan tentang data-data tersebut hanya dengan klik “suggest an edit”. Sudah dipastikan bisnis Anda benar-benar dapat diedit oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa informasi Google Bisnisku secara berkala setidaknya dua kali dalam satu minggu.

Pilih kategori yang relevan dan spesifik

Kategori yang Anda pilih akan sangat membantu Google dalam memutuskan hasil pencarian daftar lokal yang memuat bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda harus memilih dari daftar kategori yang tersedia dan tidak dapat membuat sendiri. Jika tidak ada kategori khusus yang menggambarkan bisnis Anda, pilih kategori yang lebih umum namun masih bisa menjelaskan bisnis Anda secara akurat.

Gunakan foto berkualitas

Foto yang berkualitas tentu dapat membantu cantuman Anda lebih menonjol dari pesaing lainnya, serta efektif dalam menginformasikan kepada pelanggan potensial tentang apa yang bisa mereka harapkan dari bisnis Anda. Sebaiknya gunakan foto-foto high resolution yang dapat membuat bisnis terlihat lebih profesional dan membuat produk yang Anda tawarkan lebih menarik minat beli pelanggan.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa fotografer yang disetujui Google untuk membuat tur virtual 360 sebagai tampilan dari bisnis Anda untuk pelanggan. Menurut Google, daftar yang memiliki tur virtual dan foto menghasilkan minat dua kali lebih banyak daripada yang tidak.

Jangan sepelekan ulasan pengunjung

Anda akan melihat bahwa bisnis lokal yang tercantum dalam cuplikan peta pencarian lokal biasanya memiliki rating di samping namanya. Di sinilah, Google ingin memberikan informasi yang paling berguna kepada penggunanya. Tak heran jika sebaiknya bisnis Anda memiliki rating tinggi. Jangan ragu meminta pelanggan meluangkan waktu beberapa menit untuk memberi ulasan tentang bisnis Anda di Google.


Sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh masyarakat seluruh dunia, Google adalah cara terbaik untuk membuat bisnis Anda tampil terdepan di antara pesaing lainnya. Jangan biarkan kesempatan berlalu karena Anda tidak meluangkan waktu untuk mengoptimalkan cantuman Google Bisnisku dengan baik dan benar.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Moz, Google Support, Hostgator