Strategi Meningkatkan Engagement dengan Audience di Instagram

social media strategi

Awalnya, Instagram hanya digunakan sekadar untuk memajang atau memamerkan foto yang dibuat oleh penggunanya, foto makanan misalnya. Namun pada 3 tahun terakhir, fungsi dari Instagram mulai berkembang. Instagram kini berfungsi sebagai channel yang baik dalam dunia bisnis, bahkan turut diberdayakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia.

Penggunaan Instagram oleh pengguna internet biasa maupun oleh pebisnis semakin meningkat, dan tidak seperti jenis social media lainnya, akun Instagram banyak diisi dengan konten yang berhubungan dengan brand. Maka tidak mengherankan jika Instagram memiliki tingkat engagement tertiggi antara pelanggan dengan brand. Anda tertarik untuk ‘mengikat’ pelanggan dengan brand Anda? Berikut tipsnya.

Pelajari audience Anda

Mungkin inilah hal yang utama. Ketahui siapa mereka, kapan mereka aktif, apa interest mereka, dll. Dengan demikian, Anda bisa menentukan target dengan lebih tepat dan startegi promosi Anda melalui channel ini pun akan lebih efektif.

Buat kontes atau campaign

kontes instagram

Ini adalah salah satu trik termudah, tercepat dan yang terbaik untuk menciptakan engagement. Dengan trik yang tepat dan kreativitas tentunya. Ada pun beberapa tipe kontes yang bisa Anda terapkan:

  • Like contest. Semudah mengajak followers memberikan tanda ‘hati’ pada apa yang Anda posting. Anda bisa memilih pemenag secara random.
  • Comment contest. Caranya adalah dengan mengajak followers memberikan komen atau mengajak mereka men-tag ke beberapa teman mereka (biasanya tiga orang teman). Tipe ini biasa disebut dengan istilah “tell us why you want to win this prize” atau “tag three of your friends.” Selain mendapatkan feedback yang besar, teknik ini juga mampu meningkatkan traffic.
  • Regram contest. Trik ini bermanfaat untuk Anda sekaligus bagi follower Anda (pemilik foto). Jangan lupa untuk menginformasikan bahwa pada foto yang diunggah, harus menyertakan nama brand Anda atau hashtag tertentu.
  • Photo challenge contest. Yaitu mengajak followers mengunggah konten dengan menggunakan hashtag yang sudah Anda tentukan.

Gunakan jasa influencer

diana rikasari

Jika Anda ingin brand Anda lebih dikenal, cobalah gunakan influencer. Selain itu, influencer juga bisa membantu meningkatkan reach, brand awereness, dan memperlihatkan pada followers kalau Anda mengikuti perkembangan. Agar penggunaan jasa influencer ini berhasil dengan baik, kuncinya adalah ketahui siapa dan seperti apa followers Anda, serta menggunakan influencer yang sesuai dengan brand Anda. Influencer ini tentu saja mesti yang memiliki followers banyak, memiliki interest yang sama dengan target pasar Anda, dan memiliki interaksi yang baik dengan followers-nya.

Teknik User Generated Content

Regramming, atau mem-posting kembali foto milik akun lain di akun Anda (dengan menyebutkan nama pemilik foto). Manfaatnya? Bagi si pemilik foto, ia dan karyanya akan terekspos. Sedangkan bagi Anda, hal ini akan membuktikan pada followers, kalau Anda mampu berinteraksi dengan mereka, Anda memerhatikan keberadaan mereka dan secara tidak langsung, menjadikan followers sebagai ambassador dari brand Anda.

Untuk menarik minat followers mengunggah foto terkait brand Anda, Anda bisa mengadakan foto kontes, penggunaan hashtag atau foto submission ketika Anda sedang mengadakan acara.

Gunakan caption

Foto pada Instagram memang hal utama, namun adanya caption, bisa lebih ‘memancing’ interaksi. Sebuah caption mampu ‘menghidupkan’ gambar pada foto dan mengikat followers dengan konten Anda. Caption bisa menceritakan isi foto, berupa hashtag atau pertanyaan.

Berpartisipasi dalam komen followers

Turut aktif dalam comment threads, mungkin terdengar cukup sederhana namun memberikan dampak positif yang besar, sebutlah hal ini berfungsi untuk menciptakan brand loyalty, atau memperkuat bonding dengan followers. Memonitor komentar followers mengenai apa yang Anda post, juga bisa memberi banyak masukan. Bentuk partisipasi ini, misalnya dengan menjawab pertanyaan mereka, berterimakasih karena mereka memberikan tanda ‘hati’, atau karena mereka men-tag teman mereka mengenai brand Anda.


Mengombinasikan beberapa tips di atas, tentulah akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba!

Sumber : Hootsuite Blog, The Nectar Collective

Join Us

Artikel - Artikel Terkait