Strategi Social Media Marketing untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Strategi Social Media Marketing untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Media sosial menjadi salah satu tren digital marketing yang tak boleh Anda lewatkan. Mengingat jutaan masyarakat Indonesia kini menggunakan media sosial dan menjadikannya sebuah gaya hidup. Inilah mengapa bagi para marketer, media sosial menjadi ladang emas untuk melakukan promosi sekaligus menarik banyak pelanggan. Untuk lebih meningkatkan manfaat dari social media, Anda bisa mengikuti beberapa strategi social media marketing di bawah ini!

Memanfaatkan postingan follower sebagai bahan konten

Melakukan promosi melalui media sosial tentu membutuhkan konten yang menarik. Hal ini bukanlah suatu hal yang mudah bagi pembuat konten karena harus selalu memikirkan ide-ide segar dan inovatif yang berhubungan dengan brand yang dipromosikan. Untuk itulah, memanfaatkan postingan follower sebagai bahan konten bisa menjadi alternatif yang Anda tempuh, asalkan unggahan tersebut masih berhubungan dengan promosi brand.
Social media marketing ini juga sekaligus bisa mendekatkan brand Anda dengan para customer dan follower di media sosial. Follower pastinya senang melihat unggahannya dijadikan bahan konten oleh brand Anda. Tetapi jangan lupa juga untuk mencantumkan sumber dari unggahan tersebut.

Bagikan postingan konten beberapa kali

Memiliki konten promosi yang menarik tidak akan cukup untuk menarik pelanggan. Anda juga harus mem-posting-nya dalam beberapa kali kesempatan untuk meningkatkan traffic, mendapatkan pengunjung yang berbeda, serta memungkinkan untuk menambah follower baru. Setiap Anda mengunggah konten di laman media sosial melalui cara yang berbeda beberapa kali, hal itu akan meningkatkan pengunjung di page Anda.
Tidak masalah untuk mengunggah konten dari tahun lalu untuk postingan tahun sekarang karena pastinya pengunjung page akan berbeda dari tahun lalu. Selain itu, pengunjung yang baru pertama kali melihat postingan tersebut di tahun ini bisa ditarik menjadi follower jika ia merasa konten Anda bermanfaat.

Maksimalkan fitur Instagram Story

Meski hanya bisa bertahan 24 jam saja, namun postingan di Instagram Story bisa dimanfaatkan untuk mengunggah promo atau update yang sifatnya sementara. Social media marketing dengan menggunakan Instagram Story akan lebih membuat follower Anda penasaran daripada melakukan update pada feed. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas.
Tak hanya itu saja, untuk promo yang sifatnya sementara memang sebaiknya diletakkan pada Story dan meng-highlight-nya di laman akun hanya sampai promo berlaku. Jika diunggah pada feed, postingan tersebut bisa saja tertutup post lain sehingga menjadikan blunder bagi Anda sendiri ketika ada follower yang menyangka promo tersebut masih berlaku.

Menggunakan fasilitas Share di Facebook

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan fitur Share di Facebook ini. Yang pertama adalah dengan membuat hashtag untuk melihat bagaimana orang-orang terkoneksi dengan brand Anda, melihat konten, serta memberikan respons terhadap postingan Anda. sesuaikan hashtag dengan isu yang sedang berkembang,
Yang kedua, Anda bisa membuat konten yang bernilai informatif serta bermanfaat untuk para follower. Social media marketing yang satu ini dapat Anda gunakan untuk menggerakkan follower melakukan klik dan share ke orang lain.


Jadi apakah Anda sudah memanfaatkan social media yang Anda miliki dengan tepat? Jika belum, ini saatnya Anda memulainya.

Sumber:
Sribu, Money Smart