Strategi untuk Memasarkan Produk Anda kepada Mahasiswa

meningkatkan penjualan

Sebagai salah satu kelompok target pasar, mahasiswa dikenal memiliki brand loyalty yang kuat. Artinya, apabila bisnis Anda berhasil terhubung dengan mereka, kemungkinan besar hubungan tersebut akan terus terjalin hingga para mahasiswa tersebut lulus kuliah, memulai karir, membangun keluarga, bahkan hingga masa pensiun.

Terdengar begitu menjanjikan, bukan? Meski begitu, melakukan marketing terhadap mahasiswa tidak semudah kelihatannya, bahkan cenderung tricky. Umumnya mereka memiliki karakter yang skeptis dan keuangan yang sangat terbatas. Kabar baiknya, masih ada cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menaklukkan para mahasiswa sebagai target pasar Anda. Beberapa di antaranya bisa Anda simak di bawah ini.

Marketing melalui perangkat mobile

Dalam hal ini, mobile dapat mengacu pada perangkat mobile maupun aktivitas yang dilakukan secara mobile. Menurut National Retail Federation, lebih dari 58% mahasiswa memilih untuk tinggal di rumah daripada menyewa dorm. Artinya, Anda tidak bisa menjangkau mahasiswa di kampus semudah biasanya. Hal ini dipahami betul oleh SimpleLeap Software. Mereka pun membuat sebuah aplikasi bernama Cram yang mampu membantu mahasiswa untuk menyiapkan diri menghadapi ujian. Ashli Norton, co-founder dari SimpleLeap Software, mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman mereka, akses mobile menjadi cara paling efektif untuk membuat perusahaannya terjangkau oleh mahasiswa.

Pertimbangkan budget mahasiswa

Mahasiswa memang merupakan target yang sangat menjanjikan. Sayangnya, mereka cenderung terbatas dalam hal keuangan, mengingat bahwa terdapat banyak biaya penting lain yang harus dikeluarkan. Karenanya, usahakan untuk tidak mematok harga yang terlalu tinggi bagi mahasiswa. Yakinkan mereka bahwa uang yang mereka keluarkan untuk produk Anda tidak akan sia-sia. Apabila perlu, berilah promosi berupa diskon khusus mahasiswa dengan menunjukkan identitas mereka sebagai mahasiswa. Lakukan promosi untuk menyebarkan penawaran diskon tersebut. Strategi ini biasanya sukses diterapkan oleh pelaku bisnis pada bidang kuliner dan hiburan.

Ciptakan promosi yang simple

Kuliah sama sekali berbeda dengan masa sekolah, baik dari atmosfer, pengetahuan yang diajarkan, hingga berbagai aktivitas lain. Bagi para mahasiswa baru, masa transisi dari sekolah ke kuliah dapat menjadi momen yang cukup rumit. Di sinilah mereka akan “ditantang” untuk belajar menjadi orang dewasa. Karena kerumitan tersebut, mahasiswa tidak membutuhkan kerumitan lain dari pesan yang Anda berikan pada promosi produk Anda. Gunakan copywriting yang sederhana, singkat, dan to the point. Bukan berarti Anda tidak bisa memasukkan sedikit kreativitas. Biasanya, para mahasiswa ini menyukai karya-karya yang bersifat menghibur, sarkastik, dan witty.

Rebut hati orang tua mahasiswa

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mahasiswa memiliki budget yang cenderung pas-pasan. Mereka dapat dikatakan sensitif terhadap harga suatu produk. Meski begitu, jika sudah tertarik dengan produk tertentu, mereka akan mencari cara untuk bisa membelinya. Salah satunya dilakukan dengan meminta bantuan kepada orang tua. Jadi, meskipun produk Anda memang ditargetkan untuk mahasiswa, ciptakan bentuk kampanye atau promosi yang menargetkan orang tua para mahasiswa. Pihak orang tua juga kemungkinan besar akan merasa senang karena anak mereka bersedia untuk “terbuka” kepada mereka. Anda sebagai pelaku bisnis juga turut mendapat keuntungan melalui penjualan. It’s a win-win solution.

Mengadakan kontes giveaway

Salah satu isu terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa sebagai target pasar adalah budget keuangan yang terbatas. Anda bahkan sudah memberi diskon, tetapi tingkat penjualan tidak kunjung meningkat. Apabila Anda menemukan cara untuk bisa mempromosikan produk di dalam lingkungan kampus, pertimbangkan untuk mengadakan kontes giveaway. Minta mahasiswa untuk men-share foto mereka menggunakan produk Anda atau mengirim tweet tertentu. Anda juga bisa menerapkan cara lama dengan meminta mereka menuliskan nama dan informasi kontak untuk dikirimkan pesan promosi di kemudian hari. Berikan hadiah tertentu bagi para mahasiswa sebagai bentuk terima kasih atas partisipasi mereka.


Mahasiswa merupakan target pasar yang menjanjikan, tapi dibutuhkan strategi yang tepat dan efektif untuk menjangkau dan membuat mereka membeli produk Anda. Oleh sebab itu, lakukan riset dan temukan cara untuk terhubung dengan mereka di dalam maupun luar kampus. Selamat mencoba!

Soumber: Entrepreneur, Forbes

Join Us

Artikel - Artikel Terkait