Taktik Menghindari Ad-Blocking dalam Pemasangan Digital Ads

cara membuat iklan di internet

Dalam era digital, audiens menuntut konten yang berkualitas tinggi dan kemudahan untuk mengakses suatu website melalui mobile. Anda harus bisa menyeimbangkan antara profit dan kenyamanan audiens ketika mengunjungi website Anda. Iklan adalah salah satu alasan Anda dapat menyediakan konten secara gratis, namun masih banyak audiens yang mengatur pilihan ad-blocking sehingga tidak dapat melihat ads selama menggunakan internet. Hal ini dapat menurunkan jumlah pendapatan Anda melalui advertising.

Dengan preferensi audiens akan pengalaman streaming bebas iklan, Anda perlu mencari cara untuk menyalurkan konten dan mendapatkan pendapatan tanpa menghilangkan audiens. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengantisipasi ad-blocking dengan cara-cara berikut :

Gunakan iklan asli

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Code Fuel yang membantu publisher menghasilkan cara pendapatan baru dan mengikat users dengan memposisikan konten yang lebih spesifik dan target dalam beberapa format tanpa menggangu user experience dalam website atau aplikasi. Hal ini mendorong user untuk terus menjelajahi halaman Anda, pada akhirnya meningkatkan pendapatan Anda. Iklan dapat ditampatkan search, teks, video, design dan tags sehingga Anda memiliki beberapa peluang tertentu. Yang terpenting adalah platform harus responsif sehingga memberikan user experience terbaik.

Manfaatkan penggunaan gambar

Gambar mampu menyampaikan dan menarik perhatian dibandingkan dengan hanya teks standar. Gambar sering digunakan dalam artikel atau blog post, bahkan lebih popular di social media. Dengan menggabungkan antara campaign marketing dengan gambar yang sesuai dengan konten, Anda dapat menarik jumlah views lebih banyak tanpa menganggu user experience. Dengan menggunakan gambar dari advertising patform seperti Imonomy, Ads tidak akan di-filter oleh Ad Blockers.

Anda harus memastikan bahwa gambar sesuai dengan topik dari konten Ads Anda hal ini guna menciptakan user experience yang relevan. Selain itu menggabungkan teks dan gambar yang sesuai membantu konten Ads lebih menarik dan meningkatkan user experience bahkan meningkatkan nilai Click Through Rate hingga 1.3%-2.5% dibandingkan dengan Ads yang hanya menggunakan teks saja.

Konten Premium

Meskipun konten premium menggunakan model subscription, dimana user harus melakukan pembayaran namun hal ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mendapatkan konten tertentu secara gratis. Hal ini seperti yang diakukan oleh website Wall Street Journal dan Financial Times yang menawarkan jumlah artikel terbatas sebelum login atau subscription. Selain itu platform seperti Dropbox, Office 365 dan Google Drive menawarkan layanan premium berbayar namun Anda tetap bisa menggunakan layanan basic secara gratis.

Konten premium ini menghasilkan win-win solution untuk perusahaan Anda dan konsumen. Karena Anda menyediakan sebuah value kepada konsumen dan menyediakan pendapatan terprediksi bagi bisnis Anda. Ini merupakan cara fleksibel dan berskala serta membantu membangun hubungan dengan konsumen Anda.

Konten Sponsor

Ini merupakan cara bagaimana menjaga kualitas konten, menghasilkan pendapatan, dan membuat konsumen merasa senang. Platform seperti Coopertize membantu publisher untuk mencapai banyak agency dan brand untuk membantu website terlihat lebih baik. Selain itu The Media Buyer menjelaskan bahwa konsumen 25% lebih memilih konten sponsor dibandingkan dengan Ads biasa.

Marketing Afiliasi

Jika Anda memiliki jumlah pembaca yang tinggi, maka afiliasi marketing bisa menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan konten Anda. Afiliasi marketing tidak membantu Anda menciptakan pendapatan hanya dalam satu hari (jangka pendek), namun pada dasarnya membantu Anda menciptakan peluang untuk penjualan melalui afiliasi links. Anda dapat memperomosikan produk yang sesuai dengan konsumen seperti yang dilakukan oleh website eCommerce dengan brand tertentu. Hal ini juga membantu peningkatan pendapatan dan traffic, dengan menghubungkan merchants dan afiliasi yang membawa traffic dan mengiklankan website mereka.


Kita tidak dapat menghindari Ad-blockers dalam website dengan strategi biasa. Diperlukan strategi dan pemikiran berbeda untuk menaklukannya. Gunakan kesempatan ini untuk melakukan research mengenai cara yang paling efektif bagi website atau aplikasi Anda.

Semoga bermanfaat!

Sumber : Inc

Join Us

Artikel - Artikel Terkait