Taktik referral marketing untuk meningkatkan penjualan di toko online Anda

memanfaatkan referral marketing di toko online Anda Anda sudah mengeluarkan banyak biaya untuk memasang iklan, tapi online store Anda masih saja sepi pelanggan? Sudahkah Anda menggunakan referral marketing?

Beragam penelitian telah membuktikan bahwa referral marketing adalah satu teknik pemasaran terbaik. Singkat kata, referral marketing, atau yang juga dikenal dengan istilah word-of-mouth marketing ini adalah pembelian suatu produk atau layanan yang dilakukan seseorang berdasarkan opini atau arahan dari influencer atau orang-orang terdekat mereka. Apa yang membuat teknik marketing ini begitu berpengaruh?

Penargetan yang lebih akurat

Teknik word-of-mouth marketing cenderung lebih tepat sasaran. Contoh, Pelanggan A baru saja menerima kaos yang dipesannya dari suatu online shop. Karena puas dengan kualitas kaos dan pelayanan yang baik, maka pelanggan A akan ‘menceritakan’ hal ini pada teman-temannya, Pelanggan B dan C, yang ia tahu persis, juga suka berbelanja online. Tidak menutup kemungkinan, Pelanggan B dan C akan menyebarkan kembali informasi ini pada teman lainnya.

Hal ini menjadikan pesan yang ingin Anda sampaikan bisa menyebar luas dengan lebih baik dan efektif bila dibandingkan dengan jenis pemasaran lainnya yang kurang tertarget.

Adanya faktor kepercayaan

Untuk meyakinkan seseorang membeli produk Anda, dibutuhkan kepercayaan. ‘Jika kita tidak mempercayai A, maka kita tidak akan mendengarkannya’, kan? Katakanlah, Anda menemui salesperson untuk mencari informasi mobil yang Anda inginkan, tapi Anda merasa ragu karena penjelasan salesperson tadi kurang meyakinkan. Akankah Anda tetap membeli mobil darinya?

Berbeda jika ada seorang teman atau kerabat yang memberi saran (rekomendasi) pada Anda mengenai mobil yang Anda ingin. Sebuah data pada Neilson Trust Study menyatakan, 84% pembelian dilakukan dengan rekomendasi dari orang yang dikenal (referrals). Referrals bukan cuma keluarga atau teman, tapi juga bisa berupa berita, review produk oleh pelanggan, testimoni atau influencer (seperti Bloggers atau Socmed influencer).

Adapun hal lain yang turut memberikan efek positif pada penerapan teknik ini, yaitu kemajuan teknologi. Dulu, sebelum ada telepon selular dan internet, komunikasi sungguh terbatas. Sekarang, komunikasi dan penyebaran informasi begitu mudah dan cepat.

Nah, bagaimana caranya menerapkan referral marketing ini pada toko online Anda?

  • Berikan pelayanan dan pengalaman berbelanja yang berkesan. Intinya, pelanggan Anda mesti mendapatkan kepuasan ketika berbelanja pada online store Anda. Hal ini bisa didapat dengan banyak cara, seperti, pastikan produk yang Anda jual berkualitas, pelayanan yang cepat dan ramah, proses pembayaran dan pengiriman yang mudah atau situs yang mudah digunakan. Untuk mempermudah, tempatkan diri Anda pada sudut pandang pelanggan. Jika Anda menjadi mereka, apa sekiranya pengalaman berbelanja yang akan Anda share dengan orang-orang terdekat Anda?
  • Perhatikan analitik source traffic Anda. Bisa jadi, sebetulnya situs Anda sudah mendapatkan ‘bantuan’, tapi terkadang Anda tidak menyadarinya. Coba perhatikan, mungkin sudah ada beberapa tulisan atau Blogger yang sudah membahas dan memberikan link menuju online store Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan, misalnya dengan bekerja sama dengan mereka.
  • Buatlah produk Anda semenarik mungkin. Ada banyak cara untuk menciptakan ‘wow experience’ bagi pelanggan. Contoh, Anda bisa menjual sesuatu yang unik atau mengemas produk dengan baik sehingga menciptakan unboxing experience yang menyenangkan. Bayangkan jika pelanggan-pelanggan Anda yang puas mem-posting foto produk Anda dalam kemasan yang menarik ini di beberapa akun social media mereka.
  • Buatlah situs Anda agar mudah direkomendasikan. Buatlah tab pada situs Anda, sehingga pelanggan Anda bisa dengan mudah mereferensikan produk Anda pada orang di sekitarnya melalui media sosial. Hal ini tentunya akan lebih menarik bila disertakan dengan penawaran tertentu. Contoh, jika pelanggan Anda merekomendasikan produk Anda pada seorang temannya, masing-masing di antara mereka akan mendapatkan voucher atau potongan harga.
  • Gunakan jasa influencer sesuai target market Anda. Jika Anda punya budget lebih, gunakan jasa influencer. Kuncinya, adalah menggunakan influencer yang betul-betul sesuai dengan target audience Anda. Untuk hal ini, mungkin Anda lebih akrab dengan istilah ‘endorse’.
  • Buatlah produk review. Buatlah produk review untuk produk-produk Anda. Lagi, review yang ditulis oleh pelanggan yang puas adalah yang utama. Bagaimana caranya supaya mereka mau menyebarkan informasi positif untuk Anda? Kembalilah pada poin awal, yaitu berikan yang terbaik untuk mereka.

Selamat mencoba, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait