Teknologi 3D Secure untuk Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit

Teknologi 3D Secure pada Kartu Kredit

Keamanan transaksi online menjadi prioritas bagi bank dan pemegang kartu kredit. Meningkatnya jumlah fraud dan hacker yang mampu mencuri data dan menyalahgunakan kartu kredit Anda, disertai dengan jaminan keamanan transaksi online yang semakin canggih. Untuk mengatasai masalah keamanan tersebut, sebagian besar bank menerapkan teknologi 3D secure untuk meningkatkan rasa aman bagi pegguna kartu kredit dalam bertransaksi online.

Lalu, apa itu 3D secure? 3D Secure adalah teknologi yang dikembangkan oleh Visa dan MasterCard untuk melindungi transaksi online. Layanan ini dikenal dengan istilah Verified by Visa dan Master Card Secure Code untuk memastikan setiap transaksi online yang terjadi benar-benar dilakukan atau diketahui oleh pemilik kartu kredit. Meskipun teknologi ini tidak menjamin 100%, namun teknologi ini mampu mengurangi terjadinya kejahatan terhadap penyalahgunaan kartu kredit Anda.

Sistem keamanan yang dijalankannya cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor HP Anda kepada bank penerbit kartu kredit Anda. Atau dengan cukup membuka website bank tertentu kemudian mendaftarkan password 3D secure yang akan digunakan dalam setiap bertransaksi online. Kemudian untuk setiap transaksi online yang Anda lakukan, secara otomatis bank akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms, dan Anda perlu memasukkan kode tersebut di step terakhir pembayaran online Anda.

Di sisi pemilik online shop, integrasi dengan paymet gateway perlu dilakukan untuk dapat menerima pembayaran online dengan kartu kredit. Payment gateway yang terpercaya akan secara otomatis mengimplementasi teknologi 3D secure untuk melindungi transaksi customer.

Kini Anda harus lebih jeli dalam memilih layanan kartu kredit dan fasilitas pembayaran online. Jangan sampai, Anda menjadi korban cyber crime yang mampu merugikan Anda secara finansial. Untuk mengetahui apakah bank Anda menggunakan 3D Secure sebaiknya langsung tanyakan pada pihak bank Anda atau kunjungi website mereka. Namun bagi toko online dan online payment gateway yang telah menggunakan teknologi 3D Secure, cukup mencantumkan logo Verified by Visa dan Master Card Secure Code.

Sumber : Pintarkartukredit

Join Us

Artikel - Artikel Terkait