Timing Terbaik Untuk Melakukan Promosi Di Social Media

sosial media marketing

Social media merupakan tempat interaksi hampir bagi setiap pengguna internet di dunia khususnya bagi generasi X dan Y. Karena potensi besar dari social media, kini banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka dan efektivitas dalam strategi marketing yang digunakan. Sebaiknya manfaatkan social media sebaik mungkin baik dalam segi konten maupun waktu penggunaan yang tepat.

Social media memiliki peak time yaitu waktu yang paling banyak diakses oleh setiap orang. Peak time ini tidak bisa disamakan untuk semua social media karena masing-masing social media memiliki ciri khas dan peak time tersendiri. Peak time ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau brand hingga meningkatkan engagement antara perusahaan dan pengguna. Berikut peak time yang dapat Anda jadikan panduan untuk memanfaatkan social media dengan maksimal:


Logo Facebook

Facebook adalah social media dengan jumlah user online paling banyak di dunia. Menurut id.Techinasia.com kini Facebook memiliki 1.44 miliar pengguna online. Pada tahun ini pun jumlah pengguna aktif Facebook meningkat. Bahkan pengguna mobile Facebook meningkat dari kuartal sebelumnya yaitu 526 juta pengguna menjadi 581 juta pengguna. Bisa dibayangkan betapa besarnya potensi Facebook untuk bisnis Anda bukan?

Facebook lebih banyak diakses pada hari kerja dan terjadi penurunan ketika weekend atau hari libur. Pengunjung paling banyak mengakses Facebook di hari Kamis dan Jumat. Statistik membuktikan bahwa jam 1 siang adalah waktu paling banyak bagi pengguna untuk share posting di halaman Facebook. Sedangkan jam 3 sore adalah waktu yang paling banyak bagi pengguna dalam mengklik setiap posting yang ada di Facebook. Pastikan Anda memposting postingan yang tepat ketika peak time tersebut dan hindari untuk memposting hal-hal penting ketika weekend atau hari libur.


Logo Twitter

Laporan dari Business Insider total pengguna Twitter di seluruh dunia dalam kuartal pertama tahun 2015 mencakup jumlah 302 juta pengguna. Dan Indonesia merupakan negara Asia yang memiliki jumlah pengguna Twitter aktif terbanyak sebanyak 5.6 juta pengguna, disusul Jepang (3.5 juta) dan India (2.3 juta). Bahkan jumlah tweet yang dikirim oleh pengguna setiap harinya mencapai 500 juta tweet per hari, ditambah kini Twitter memiliki layanan untuk memposting video pendek sebagai fitur tambahan di dalamnya.

Jika timing Anda kurang tepat maka kemungkinan tweet Anda akan tenggalam oleh tweet lainnya dan tidak dapat dilihat oleh pengguna potensial Anda. Weekend adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mentweet ke pengguna atau followers Anda. Statistik menunjukan bahwa postingan di akhir pekan memiliki tingkat engagement 17% lebih tinggi dibandingkan di hari biasa.

Pengguna banyak melakukan klik menuju laman eksternal yang di-share pada waktu 12 siang – 6 sore, berkenaan dengan jam makan siang dan jam pulang kantor. Jam 5 sore pun merupakan waktu puncak bagi pengguna untuk melakukan retweet.


Logo Google Plus

Social media besutan Google ini pun tidak mau kalah. Google+ bisa terhubung dengan Gmail, Youtube dan produk Google lainnya sehingga memudahkan kegiatan pengguna sehari-hari. Perilaku pengguna Google+ melakukan kegiatan di social media di awal hari mulai pukul 9 – 11 siang di hari Senin – Jumat. Tidak disarankan untuk melakukan posting di Google+ pada saat sore hari atau pagi hari hal ini tidak dapat meningkatkan engagement yang maksimal terhadap pengguna Anda.


logo pinterest

Social media yang bermarkas di San Fransisco ini memiliki jumlah pengguna hingga 100 juta lebih di tahun ini. Kini Pinterest pun menyelesaikan masalah kesenjangan sosial yang ada dalam Pinterest karena sejak peluncurannya Pinterest didominasi oleh kaum wanita.

Pinterest memposisikan dirinya sebagai ‘katalog ide’ dan berbeda dari Instagram karena Anda dapat menemukan banyak hal dan ide melalui Pinterest. Karena perbedaannya tersebut, Pinterest mampu menarik perhatian audiens yang berbeda dari Instagram. Waktu yang tepat dalam mengakses Pinterest adalah weekend. Setiap hari Sabtu pukul 8.00 – 23.00 adalah saat yang tepat untuk melalukan Pin dan aktivitas tertingginya terjadi pada jam 21.00. Untuk bisnis fashion dan retail, waktu yang tepat untuk melakukan posting yaitu hari Jumat jam 15.00.


logo linkedin

Linkedin adalah jejaring social media untuk kehidupan professional Anda. Linkedin bermanfaat bagi perkembangan karir dan bisnis Anda. Kini Linkedin telah digunakan oleh 200 juta pengguna lebih dan berbagai perusahaan besar memiliki akun Linkedin tersendiri untuk kegiatan marketing bahkan recruitment.

Linkedin paling banyak diakses ketika hari dan jam kerja khususnya pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Memposting pada hari Senin dan Jumat tidak disarankan karena tingkat engagement yang kurang dan tidak maksimal. Terdapat 3 golden time di Linkedin yaitu pukul 7.00 – 8.00 pagi atau sebelum aktivitas kantor dimulai. Pukul 17.00 – 18.00 ketika jam kerja pulang. Namun rata-rata peak time dalam setiap minggu terjadi pada hari Selasa antara pukul 10.00 – 11.00 pagi.


logo instagram

Instagram yang memiliki +/- 300 juta pengguna di dunia dan ini menjadi modal yang sangat besar untuk perkembangan bisnis Anda. Tingkat engagement di instagram lebih tinggi dibandingkan dengan social media lainnya. Hanya terjadi penurunan sedikit ketika hari Senin dan Minggu khususnya pada jam 3 -4 sore. Posting Instagram pun bisa didasarkan dari kategori produk misalnya kategori produk yang bersifat umum dan informatif lebih baik diposting di jam 12.00 – 18.00. Sedangkan posting yang bersifat menghibur bisa dilakukan pada jam 21.00 – 23.00.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait