Tingkatkan Keamanan Toko Online Anda dengan Gender API dari Veritrans

Gender API

Sebagai leading payment gateway di Indonesia, Veritrans selalu berusaha untuk selalu melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan value bagi para toko-toko online yang menjadi partner kami. Kami percaya bahwa kesuksesan para partner kami merupakan kesuksesan kami juga. Kami menyadari bahwa salah satu tugas kami adalah melindungi transaksi-transaksi partner kami dari fraud. Melihat dari kebutuhan ini, maka Veritrans kemudian meluncurkan Gender API yang di kembangkan untuk menganalisa pola fraud dan kami percaya bahwa Gender API ini dapat berguna untuk keperluan lainnya. Kami sangat senang membagikan nya secara gratis.

Gender API adalah sebuah API untuk memprediksi jenis kelamin seseorang berdasarkan nama depan mereka. Gender API menggunakan nama-nama umum pria dan wanita dan pola-pola yang sering muncul pada nama-nama tersebut.

Dari pola-pola nama yang sudah di pelajari dari kumpulan big data kami, Gender API telah memberikan banyak insight bagi Veritrans untuk mempelajari pola-pola fraud yang ada. Sebagaimana yang di jelaskan pada gambar 1 di bawah ini, hal yang menarik dapat di simpulkan bahwa pelaku fraud lebih banyak gender Male dibandingkan Female. Dari fakta tersebut, kami menjadi lebih waspada terhadap transaksi dari pelangan pria yang mencurigakan sebagai bagian pendeteksian fraud.

Fraud Graphic

Fakta selanjutnya yang cukup menarik juga kami temukan, trend belanja online untuk Male dan Female ternyata sangat berbeda. Pembelanja online pria ternyata lebih suka berbelanja pada sektor pulsa top up dimana pembelanja online wanita lebih suka berbelanja pada sektor baby stuff dan apparel seperti yang terlampir pada gambar 2 di bawah ini.

Gender Graphic

Selain dari fakta-faktor yang menarik kami temukan untuk kebutuhan fraud detection kami, berikut keunikan lainnya dari Gender API ini:

1. Kemampuan untuk menganalisa nama-nama lokal

Di dunia Analitik, gender prediction (prediksi jenis kelamin) berdasarkan nama sangat banyak di temukan, namun kebanyakan yang ada adalah prediksi nama berdasarakan nama-nama Barat. Nama-nama yang punya keunikan di Indonesia, sangat jarang sekali di temukan. Oleh sebab itu, Veritrans melihat gender prediction dengan mempelajari pola-pola nama orang-orang Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan gender prediction yang sudah ada.

2. API sangat mudah digunakan

Hanya dengan sign up, Anda sudah bisa menggunakan API dengan mudah dan bebas, dan dapat langsung diakses tanpa dikenakan biaya apapun.

3. Akurat

Gender API dapat memprediksi jenis kelamin dengan tepat untuk 9 nama dari 10 nama yang ditanyakan.

Bagaimana Anda sebagai merchant dapat menggunakan Gender API?

Gender API ini adalah tool yang sangat berguna bagi Anda sebagai merchant yang tidak mempunyai data gender dari pelanggan Anda. Gender API dapat digunakan untuk menemukan fakta-fakta menarik yang ada dari pelanggan pria dan wanita Anda tanpa Anda harus melakukan pekerjaan tambahan dengan meminta jenis kelamin pelanggan Anda secara langsung dengan cara mengisi kuisioner atau cara-cara manual yang biasa di gunakan untuk mengisi kekurangan data. Anda juga dapat menggunakan pendekatan pemasaran yang berbeda-beda untuk pelanggan pria dan wanita Anda.

Try it out and let us know what you did with our API at analytics.veritrans.co.id.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait