Tips Bagaimana Memaksimalkan Facebook Promoted Post

kampanye di facebook

Apakah Anda berencana menjalankan sebuah kontes atau marketing campaign pada Facebook Anda? Anda ingin post mengenai campaign Anda dilihat oleh seluruh fans Anda? Singkat kata, tidak semua fans Anda dapat melihat apa yang Anda post secara bersamaan. Nah, dengan Facebook Promoted Post, kesempatan post Anda untuk dilihat oleh fans akan meningkat. Promoted Post ini sendiri, berfungsi untuk meningkatkan reach dan engagement. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan Facebook Promoted Post.

Promosikan konten yang spesifik

konten facebook ads

Sebuah post biasanya berupa foto (gambar), status update, link, pertanyaan, penawaran atau video. Berdasarkan data dari Facebook, ada beberapa bentuk post yang biasanya memberikan hasil baik :

  • Foto dan video yang menggugah semangat. Seseorang biasanya tertarik dengan gambar yang menarik, terang (warna yang baik) dan simpel.
  • Penawaran. Misalnya pemberian diskon atau hadiah. Hal ini untuk meningkatkan fans mengklaim penawaran Anda dan meningkatkan engagement dengan page Anda.
  • Acara eksklusif atau berita. Misalnya, post mengenai acara launching produk terbaru Anda. Post jenis ini dirasa meningkatkan minat fans (terhadap brand dan produk Anda) dan memungkinkan mereka menyebarkan informasi pada orang-orang di sekitarnya.
  • Pertanyaan. Post yang berisi pertanyaan akan membuat fans merasa terlibat, dihargai, didengar dan bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pada brand Anda.
  • Kontes.
  • Masukkan unsur Call-to-Action (sesuatu yang mampu mengajak dan membuat fans melakukan apa yang Anda inginkan).
  • Facebook ads untuk mendorong traffic ke page Anda.
  • Jangan lupa insert link. Misalnya, ketika Anda post suatu kontes, insert link via Bitly.

Intinya, cobalah membuat post yang mampu menciptakan engagement antara brand dengan fans Anda. Perlu diingat, sebaiknya, durasi untuk sebuah post adalah 3 hari.

Pin your Promoted Post di paling atas

pin promoted post

Hal ini bertujuan supaya apa yang Anda post, lebih mudah dilihat dan diakses oleh fans. Strategi lainnya, pin your post pada waktu yang tepat, agar reach menjadi maksimal.

Pastikan sesuai dengan target

targeting facebook

Misalnya, pastikan Anda menggunakan bahasa yang tepat, gender, waktu kapan sekiranya mereka online, usia, di mana lokasi mereka, dsb. Untuk mencari tahu informasi mengenai fans, Anda bisa menggunakan tools Facebook Insight.

Sesuaikan dengan keuangan

budget facebook

Menggunakan Facebook Promoted Post, sangat dianjurkan untuk bisnis yang mempunyai keuangan terbatas. Karena dengan beriklan di Facebook, Anda bisa memaksimalkan budget harian yang Anda miliki, bahkan dengan budget yang sangat minim. Pastinya, Anda harus menghitung terlebih dulu dengan matang keuangan yang Anda miliki. Kuncinya adalah selalu mengawasi dan mengevaluasi.

Pilih post dengan tepat

Kuncinya ialah STIR, yang terdiri dari Shelf-Life, Time, Impact dan Result.

Shelf-life, maksudnya, pilihlah topik yang tidak mudah ‘basi’. Time, sebelum Promoted Post dinaikkan, tunggulah beberapa saat untuk mengetahui organic reach dari post tersebut. Impact, post milik Anda mestilah memberikan dampak seperti yang Anda butuhkan, misalnya mendapatkan ‘like’ dalam jumlah yang banyak. Untuk mengatasi hal ini, masukkan unsur visual yang baik dan CTA seperti yang sudah dijelaskan di atas. Result, selalu perhatikan tingkat keberhasilan post Anda.


Facebook Promoted Post adalah marketing tools yang sangat powerful. Menggunakan Facebook Promoted Post untuk mendapatkan banyak reach dan terukur dari post yang Anda tampilkan, bisa membantu bisnis Anda mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat!

Sumber : Social Bakers , Wishpond

Join Us

Artikel - Artikel Terkait