Tips Belanja Online selama #DiRumahAja

Midtrans_25-Maret-2020_Blog-isi

Penyebaran wabah COVID-19 atau virus Corona di Indonesia menyebabkan peralatan kesehatan dan kebutuhan rumah tangga banyak diburu oleh masyarakat. Imbauan pemerintah untuk tetap di rumah dan tidak bepergian, membuat masyarakat memenuhi kebutuhannya dengan belanja di pembelian daring atau online. Banyak perusahaan maupun instansi mengusung tagline #DiRumahAja yaitu sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat supaya hanya melakukan aktivitas dan produktif dari rumah saja.

Berikut tips belanja kebutuhan Anda secara online selama #DiRumahAja

Prioritaskan Kebutuhan Pokok
Belanja terkait fashion dan hobi memang menyenangkan. Namun dalam situasi seperti ini, alangkah baiknya Anda memprioritaskan kebutuhan pokok. Belanjalah kebutuhan pokok rumah seperti makanan, peralatan dapur, peralatan mandi, dan lainnya. Anda dapat memasak sendiri makanan dari bahan-bahan yang sudah Anda beli secara online. Hal tersebut tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan membeli makanan di luar rumah.

Pilih Metode Pembayaran yang Aman
Melakukan transaksi online dalam situasi saat ini lebih aman dibandingkan dengan pembayaran secara langsung atau menggunakan uang cash. Saat ini banyak sekali metode pembayaran online yang disediakan oleh tiap aplikasi. Oleh karena itu, penting juga untuk Anda memilih e-commerce dengan payment gateway yang aman dan terpercaya.

Membersihkan Barang yang Diorder Online
Ketika belanjaan yang Anda order secara online tiba di rumah, penting untuk Anda bekerja sama dengan kurirnya. Untuk menghindari dari bersentuhan tangan, mintalah kurir untuk meletakkan paket di depan pagar atau teras rumah. Jangan lupa untuk membersihkan kemasan tersebut dengan tisu basah atau cairan antiseptik. Jika isinya adalah bahan-bahan makanan, cucilah terlebih dahulu dengan bersih sebelum dimasak.

Gerakan #DiRumahAja ini dapat menjadi alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat umum, sekaligus mendorong bisnis lokal dapat terus beroperasi secara online. Masyarakat juga diharapkan dapat mengikuti gerakan ini dengan bijak yaitu dengan tidak belanja secara berlebihan atau panic buying. Walaupun sederhana, hal tersebut penting dilakukan untuk keselamatan bersama.


Dalam situasi saat ini, pelaku bisnis dapat beralih untuk berjualan secara online agar bisnis Anda tetap bisa berjalan lancar. Anda dapat menggunakan payment gateway Midtrans untuk memudahkan transaksi pembayaran. Melalui Passport, Anda dapat langsung mengaktifkan pembayaran online untuk bisnis Anda seperti Bank Transfer (Virtual Account) dan GoPay. Segera aktivasi di midtrans.com/tentang-passport