Tips Cross Promotion Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

aliansi strategis

Cross promotion sering digunakan untuk mempromosikan produk atau service oleh suatu perusahaan. Selain bertujuan untuk menekan biaya juga memberikan kesempatan lebih luas untuk mengenalkan produk atau service ke audiens yang berbeda. Definisi Cross Promotion adalah bentuk dari marketing promosi dimana konsumen dari suatu produk merupakan target konsumen juga dari produk yang berhubungan. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Oprah Winfrey dalam acara talk show nya memperomosikan buku dan majalah yang dia miliki.

Untuk perkembangan bisnis Anda, pertimbangkan strategi cross promotion karena banyak keuntungannya seperti biaya yang lebih murah, bersifat win-win solution untuk berbagai pihak, mudah dilakukan dan hasilnya memuaskan serta dapat mempromosikan produk secara terus-menerus. Berikut tips dan contoh Cross Promotion yang dapat Anda terapkan pada toko online Anda.

Lakukan Cross Promotion di Toko Online Anda

Salah satu cara yang mudah untuk menggunakan cross promotion di toko online Anda seperti kata-kata berikut ini ‘Anda pun akan menyukai produk ini’, ‘Show related products’ atau ‘Customers who bought this item also bought..’. Hal ini seperti yang dilakukan oleh website Pinkemma dalam mempromosikan item tertentu. Pinkemma tidak hanya menampilkan satu item saja namun memberikan setiap pengunjung pilihan produk lainnya yang sesuai dengan produk yang pengunjung klik atau sukai.

pinkemma

Dua aspek penting dalam teknik yang diterapkan ini adalah Anda membantu konsumen untuk menjelajahi produk yang yang berhubungan dengan produk yang konsumen beli, dan produk ini menyediakan social proof bagi konsumen Anda. Asumsikan bahwa satu produk tertentu dibeli oleh banyak orang dan Anda tampilkan ketika konsumen sedang berbelanja. Hal ini merupakan insentif yang kuat bagi konsumen untuk menambahkan produk tersebut ke dalah shopping cart mereka.

Teknik upsell pun dapat Anda lakukan dalam cross promotion ini dengan menawarkan satu produk lainnya atau meng-upgrade produk yang sudah ada. Upsell biasa dilakukan ketika checkout. Jika Anda menawarkan diskon, value lebih, penawaran bundling atau meng-upgrade produk, kemungkinan konsumen dengan senang hati akan mengambil kesempatan tersebut.

  • Contoh teknik upsell oleh Bhinneka.com upsell bhinneka

Lakukan Cross Promotion terhadap konsumen Anda

Ketika konsumen sudah melakukan pembayaran, pastikan Anda tidak mengacuhkan konsumen tersebut dengan tetap memberikan penawaran menarik berdasarkan produk yang mereka sukai dari perilaku belanja terdahulu. Misalnya, melakukan hal tersebut dengan tetap mengirimkan email newsletter yang memberikan diskon dan penawaran lainnya dari email yang mereka daftarkan melalui website Anda.

  • Contoh email newsletter dari website iwearup.com email newsletter

Cross promotion terhadap konsumen dari perusahaan berbeda

Kegiatan marketing atau mempromosikan produk atau service Anda sendiri akan lebih berat. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajak atau berkolaborasi dengan perusahaan lainnya untuk mempromosikan produk atau service Anda. Caranya dengan mengidentifikasi perusahaan yang bukan menjadi direct competitor Anda namun mereka memiliki produk yang bersifat complementary atau melengkapi produk yang Anda miliki. Anda dapat berkolaborasi dalam iklan TV, event, discount atau bentuk promosi lainnya.

  • Contoh Cross Promotion yang dilakukan oleh Blibli.com dan Shop & Drive cross promotion blibli.com

Sebelum Anda menghabiskan dana marketing lebih besar, Anda dapat mencoba strategi cross promotion terlebih dahulu. Selain menghemat biaya, juga lebih efektif dan meningkatkan networking dengan perusahaan atau bisnis lainnya.

Selamat mencoba!

Sumber : Think,Make,Sell

Join Us

Artikel - Artikel Terkait