Tips Manajemen Waktu untuk Hidup yang Lebih Produktif

Manajemen Waktu

Kita pasti mengenal seseorang yang selalu mengecek email setiap saat, tidak berhenti bekerja di depan laptop, dan mengerjakan banyak hal namun tidak pernah selesai. Sebagian besar orang tersebut terjadi karena pekerjaan yang berlebihan atau tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Banyak orang sukses di luar sana yang memiliki kesibukan luar biasa namun tetap bisa mengatur waktu dengan baik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka. Jadi, jika mereka saja bisa mengatur waktu, tentu saja Anda bisa bukan?

Mengatur waktu bukan berarti mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Ini berarti menyederhanakan bagaimana cara Anda bekerja, mengerjakan pekerjaan dengan cepat, dan melepaskan rasa stress. Jika Anda tetap merasa waktu 24 jam dan 7 hari dalam seminggu tidak cukup, Anda harus ingat bahwa waktu yang Anda miliki sama dengan waktu yang Warren Buffet miliki juga. Jadi tidak ada alasan bagi setiap orang untuk berkata tidak memiliki waktu yang cukup.

Richard Branson, founder dari The Virgin Group, mengatakan bahwa beliau menyukai untuk melakukan meeting sambil berdiri. Dengan berdiri, meeting bisa berjalan secara lebih efektif, keputusan dan deal juga bisa dilakukan dengan lebih cepat. Selalu sediakan notes atau kertas kemanapun Anda berada, sehingga jika Anda memiliki ide di suatu tempat dan Anda bisa mencatatnya langsung untuk diwujudkan di masa yang mendatang.

Andry Grove, mantan presiden Intel, mengatakan bahwa kegiatannya berakhir ketika dia sudah merasa lelah dan siap untuk pulang, bukan ketika dia merasa selesai. Karena pekerjaan yang dimilikinya tidak akan pernah selesai dan akan terus ada. Selain itu Dustin Moskovitz, pendiri App Asana memberikan tips untuk menyediakan satu hari tanpa meeting agar semua anggota tim dapat menyelesaikan tugas Anda tanpa adanya interupsi apapun dan meningkatkan produktivitas dalam tim.

Berikut tips lainnya yang dapat membantu Anda untuk mengatur waktu dan menjadi lebih produktif:

  • Kerjakan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu. Pekerjaan ini bisa berupa pekerjaan paling mendekati deadline atau bagian terbesar dari proyek Anda. Selain itu belajar juga untuk berkata tidak pada saat orang lain memberikan Anda pekerjaan yang tidak relevan dengan pekerjaan penting yang sedang Anda kerjakan saat ini. Hal ini penting agar Anda tidak merasa kelelahan atau overloaded.
  • Jangan pernah meremehkan kualitas dan kuantitas dari tidur. Tidurlah sebanyak 7-8 jam sehari untuk mengembalikan stamina dan konsentrasi Anda dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.
  • Dedikasikan waktu Anda untuk mengerjakan pekerjaan yang ada dan jangan biarkan gangguan kecil lainnya mengalihkan perhatian Anda.
  • Berikan jeda sejenak ketika Anda memiliki banyak pekerjaan misalnya dengan menarik napas atau mendengarkan musik sejenak supaya pikiran menjadi lebih jelas dan bersih kembali. Jangan terlalu terbayang to do list yang perlu Anda kerjakan karena hanya akan membuat Anda menjadi lebih stress.
  • Lakukan sesuatu yang berguna ketika Anda menunggu sesuatu, misalnya membalas email atau pesan kerja. Hal ini bisa membuat Anda melatih kemampuan untuk memanfaatkan waktu yang ada.
  • Bangun 30 menit lebih awal setiap paginya untuk menentukan rencana Anda dalam menentukan pekerjaan yang perlu Anda lakukan hari itu. Perhatikan juga setiap hasil dan pencapaian yang Anda dapatkan dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan.

Anda bisa menerapkan tips dan trik di atas dalam kehidupan Anda sehari-hari. Belajarlah untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar produktivitas dan kualitas pekerjaan Anda meningkat juga.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Entrepreneur, Creativity Post, Inc

Join Us

Artikel - Artikel Terkait