Tips Memaksimalkan Tingkat Respon Survey Online Anda

survey online

Secara keseluruhan, kesuksesan Anda dalam menjalankan survey tergantung dari seberapa tinggi tingkat respon yang Anda dapatkan. Semakin tinggi tingkat respon maka semakin representatif hasil survey dari total populasi. Idealnya tingginya tingkat respon akan meningkatkan tingkat keakuratan dalam hasil survey dan menguatkan kalkulasi statistik dalam hasil respon. Sebaliknya jika Anda mendapatkan tingkat respon rendah akan mengakibatkan data yang Anda dapatkan menjadi bias. Data bias ini dihasilkan dari hasil respon yang tidak merepresentasikan anggota populasi.

Panduan dan tips di bawah ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil survey yang lebih baik. Anda hanya perlu mengubah beberapa hal kecil yang biasa Anda lakukan. Jika ini adalah pengalaman pertama Anda melakukan survey, pastikan untuk mengikuti tips yang ada dan bisa Anda modifikasi supaya sesuai dengan target konsumen Anda.

Kenali konsumen Anda dan kirimkan notifikasi sebelum survey dilakukan

Mengenali konsumen adalah hal penting sebelum Anda memutuskan untuk survey. Target konsumen Anda harus disesuaikan dengan konten survey, channel, dan hal detail lainnya. Anda juga bisa melihat jika konsumen Anda aktif di email atau media sosial. Dengan demikian Anda tidak akan membuang waktu untuk menentukan cara survey seperti apa yang cocok untuk konsumen Anda.

Kirimkan pesan singkat atau notifikasi bahwa Anda akan bermaksud untuk melakukan survey kepada konsumen Anda. Dengan demikian konsumen Anda akan lebih sadar pada akhirnya tingkat respon Anda memiliki tingkat lebih tinggi. Anda bisa gunakan media sosial, email, atau channel lainnya untuk mengirimkan notifikasi ini. Tujuannya agar pesan bisa sampai ke target konsumen Anda dengan benar.

Berikan kesan yang baik dalam bentuk kalimat pembuka atau konten survey

Kesan sangat penting bagi konsumen agar mereka mau membuka dan mengisi survey yang Anda kirimkan. Jika Anda menggunakan email, maka berikan kesan yang baik seperti konten yang rapih, singkat, padat dan jelas. Selain itu berikan juga petunjuk yang jelas bagaimana cara mengisi survey tersebut. Dengan demikian selain mempersingkat waktu juga menujukan profesionalisme Anda.

Detail lainnya dalam konten survey Anda, jangan pernah melupakan logo perusahaan. Karena itu menjadi identitas Anda dihadapan konsumen. Anda bisa memberikan kesan tidak kaku misalnya membuat survey lebih personal (jika memungkinkan) kepada semua konsumen Anda. Selain itu jika Anda mengirimkan survey melalui email maka subject email menjadi sangat penting. Anda bisa mencoba subjek email seperti ini ‘Beritahu kami apa yang Anda pikirkan melalui survey 3 menit berikut’. Hal ini bisa membuat konsumen memahami dengan jelas maksud dan tujuan Anda dalam mengirimkan email kepada mereka.

Pastikan email survey Anda cocok di semua gadget

Menurut survey, sekitar 48% orang membuka email melalui smartphone dan tablet. Jika Anda mengirimkan survey pastikan bahwa survey tersebut dapat dengan mudah diisi di ponsel. Selain itu pesan yang ada pun mesti clickable dalam ponsel. Jangan sampai kesalahan teknis seperti ini yang dapat mengakibatkan tingkat respon survey Anda rendah.

Gunakan design yang menarik dan berikan insentif

Design sangat penting bagi konsumen Anda. Jika Anda menggunakan design yang jelek maka konsumen cenderung akan malas membuka survey Anda. Namun yang pasti gunakan design yang bersih dan jelas sehingga konsumen tidak kesulitan dalam membaca pertanyaan dan mengisi jawaban.
Jika memungkinkan berikan insentif atau imbalan bagi konsumen yang mengisi survey Anda. Misalnya Anda memberikan sampel produk terbaru sebagai tanda terima kasih setelah mengisi survey.

Berikan kontak perusahaan Anda

Ini penting dilakukan guna memastikan konsumen Anda merasa aman dalam mengisi survey yang mereka lakukan. Kontak ini bisa Anda manfaatkan jika mereka memiliki pertanyaan dan membutuhkan petunjuk untuk mengisi survey. Anda bisa gunakan nomor telepon atau channel lainnya sebagai detail kontak Anda.

Kirimkan pengingat survey

Hal ini dilakukan supaya konsumen mengingat tanggal atau periode survey dilakukan. Anda bisa gunakan line telepon untuk melakukannya atau mengirimkan email reminder. Dengan demikian Anda tidak melewatkan target konsumen Anda. Namun jangan pernah mengirimkan pengingat terlalu sering karena akan membuat konsumen Anda merasa kesal.


Semoga tips di atas bisa Anda gunakan seterusnya dalam melakukan survey. Survey ini sangat penting sebagai salah satu komunikasi Anda dengan konsumen. Selain itu Anda juga bisa memperbaiki dan mempertahankan bisnis Anda dengan memahami apa yang ada di dalam pikiran konsumen. Selamat mencoba!

Sumber: Run Our Survey, Snap Surveys

Join Us

Artikel - Artikel Terkait