Tips Memanfaatkan Facebook Messenger untuk Bisnis Anda

Facebook Messenger

Bagi pelaku bisnis, penggunaan media sosial bisa menjadi lahan untuk memperluas jaringan pemasarannya. Facebook contohnya, angka pengguna Facebook di dunia yang sangat besar, yakni mencapai angka satu miliar, sangat mendukung akan hal ini. Tak hanya sebagai lahan untuk memasang iklan, Facebook juga memiliki fitur messenger untuk membuat penggunanya bisa berkomunikasi secara lebih personal. Nah, messenger ini juga dapat Anda manfaatkan untuk bisnis Anda. Berikut tipsnya.

Messenger codes

Facebook Messenger Codes

Gunakan Messenger Codes untuk memperluas jaringan atau memudahkan klien dalam menghubungi Anda. Dengan men-scan kode yang terpampang di profil halaman bisnis Anda, rekan bisnis Anda bisa melakukan komunikasi secara langsung melalui ruang obrolan. Kode ini bisa Anda simpan dalam bentuk gambar sehingga Anda pun bisa meng-upload-nya di situs Anda maupun mencetaknya di kartu nama. Praktis, bukan?

Customer service

Rogers Communication, perusahaan telekomunikasi yang cukup besar asal Kanada mengimplementasikan Facebook Messenger sebagai salah satu upaya mereka dalam menyediakan layanan customers service untuk para pelanggannya. Cara ini ternyata bisa meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 65 persen. Facebook messenger memudahkan pelanggan Anda menyampaikan keluhannya, dibanding harus mencari alamat email atau nomor telepon. Namun tentu saja, Anda juga harus memastikan bahwa customer service Anda memberikan respon yang cepat kapan pun pelanggan memerlukan bantuan.

Memberikan layanan dengan chatbot

facebook chatbot

Chatbot bisa membantu Anda untuk memberikan layanan yang serba terotomatisasi mulai dari rekomendasi produk hingga menyediakan konten yang terspesialisasi. Personalisasi pelanggan yang seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga pelanggan pun lebih puas. Contoh perusahaan yang sudah memakai layanan chatbot pada Facebook Messenger adalah KLM, maskapai penerbangan asal Belanda. Melalui Faebook Messenger, KLM memudahkan pelanggan yang sudah melakukan booking tiket secara online dengan memberikan update tentang jadwal keberangkatan, mengirim boarding pass, dan mengubah kursi penumpang jika diperlukan.

Jual-beli lewat messenger

Bahkan, Facebook Messenger juga bisa dijadikan ruang untuk melakukan jual beli. Tommy Hilfiger, rumah fashion asal Amerika yang cukup populer ini memungkinkan para pelanggannya untuk membeli fashion item secara langsung bahkan setelah peragaan dilakukan. Jual beli ini dilakukan dengan bantuan chatbot bernama TMY.GRL bot. Jual beli yang dilakukan lewat messenger lebih praktis karena pelanggan bisa melakukan serangkaian proses transaksi tanpa harus berpindah dari tab satu ke tab yang lain.

Berbagi lokasi

Ada kalanya pelanggan ingin melihat langsung perusahaan Anda secara offline. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan fitur berbagi lokasi ini. Apa lagi bagi Anda yang memiliki banyak cabang atau outlet, tentunya fitur ini akan memudahkan Anda bertemu dengan klien, kolega, atau rekan bisnis Anda untuk memperluas jaringan pemasaran, bukan?


Mudah sekali memanfaatkan Facebook Messenger untuk mendukung bisnis Anda. Messenger tak hanya difungsikan sebagai ruang obrolan, tapi juga memberikan layanan customer service hingga jual beli.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Facebook Business, Hootsuite Blog, Social Media Examiner

Join Us

Artikel - Artikel Terkait