Tips Membangun Koneksi dalam Bisnis bagi Para Introvert

introvert

Pada umumnya, orang dengan sifat introvert lebih senang menyendiri, pendiam, dan mengamati situasi ketimbang berinteraksi dengan orang lain. Dalam bekerja, orang dengan tipe seperti ini bisa jadi mendapatkan kesulitan jika harus bertemu orang, terutama yang baru pertama kali dijumpainya. Masalahnya, dalam bekerja, kita diharuskan untuk sering bertemu orang baru, misalnya ketika ada rapat atau seminar. Nah, jika Anda memiliki sifat ini, jangan sampai mengganggu kinerja Anda. Berikut tips untuk membangun koneksi dengan nyaman bagi Anda:

  • Hal utama adalah menyesuaikan pikiran Anda. Misalnya, Anda diharuskan untuk menghadiri sebuah acara di mana Anda harus berbaur dengan banyak orang. Untuk mengatasi rasa gugup dan tidak nyaman, sesuaikan mindset Anda, fokuslah dengan tujuan Anda datang ke tempat tersebut.
  • Ajaklah seorang teman yang dekat dengan Anda, sehingga ada seseorang yang bisa Anda ajak bicara, atau menemani Anda disaat waktu istirahat. Jika teman Anda nyatanya sudah memiliki banyak koneksi, mungkin Anda bisa meminta bantuannya untuk dikenalkan kepada beberapa kolega.
  • Cobalah untuk mengemukakan pendapat. Tipe orang seperti Anda bisa jadi adalah pemikir yang hebat. Siapa tahu, ide yang Anda miliki akan disukai banyak orang, selebihnya, mereka akan lebih menyukai Anda.
  • Jika Anda kurang pandai untuk mengemukakan ide, maka menjadi pendengar yang baik juga suatu hal yang patut dilakukan. Bukankah seseorang akan merasa senang dan dihargai jika suaranya didengar?
  • Ingatlah, pentingkan kualitas. Lebih baik memiliki sedikit teman atau rekan tapi hubungan Anda dengan mereka berkualitas.
  • Menjadi seseorang ‘di belakang layar’. Selayaknya, Anda pun mendapatkan peran dalam bekerja. Dalam hal ini, jika tidak bisa berdiri di hadapan orang banyak, Anda bisa melakukan banyak hal lain, misalnya, menjemput tamu penting di bandara atau menjadi orang yang menghubungi tamu undangan via telepon.
  • Jika perusahaan Anda mengadakan acara atau Anda mesti menghadiri sebuah acara, datanglah lebih awal. Datang pada saat jumlah kerumunan sudah besar akan membuat Anda semakin tidak nyaman.
  • Jika memungkinkan, koneksikan diri dengan calon peserta lain sebelum acara atau rapat dimulai. Misalnya, dengan mengundang yang bersangkutan via LinkedIn. Walaupun tetap saja Anda belum pernah bertemu langsung dengannya, melihat wajah yang pernah dilihat sebelumnya dirasa bisa membantu membuat Anda merasa lebih nyaman.
  • Mengadakan pertemuan dalam jumlah orang yang terbatas. Supaya suasananya lebih santai, buatlah kegiatan di tempat yang nyaman, misalnya, meeting di kedai kopi.
  • Berusahalah untuk tetap in touch. Jika Anda merasa pertemuan Anda mulai membuat Anda kurang nyaman, Anda bisa segera mengakhirinya, namun, usahakan untuk mengadakan pertemuan kembali. Jangan lupa untuk bertukar kartu nama.
  • Terus berlatih. Tidak selamanya Anda harus menjadi pribadi yang pendiam dan tertutup, bisa jadi, Anda hanya belum terbiasa. Cobalah untuk lebih berani mengemukakan pendapat atau sekadar menyapa, setelah Anda merasakan dampak positifnya, Anda akan merasa lebih nyaman.

Hal ini juga bisa Anda terapkan dengan rekan-rekan maupun atasan Anda di kantor. Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Suber: Time, The Guardian

Join Us

Artikel - Artikel Terkait