Tips Membuat Terms and Conditions Yang Baik Untuk Toko Online Anda

tips membuat terms & conditions

Membuat toko online yang baik memang sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap pebisnis online. Dengan toko online yang baik mereka akan memiliki peluang untuk memperbesar dan mengembangkan bisnis online-nya dengan lebih jauh lagi. Untuk menjadikan toko online menjadi baik, ada beberapa komponen yang harus dipenuhi. Salah satu komponen yang bisa menjadikan toko online dikatakan baik adalah adanya terms and conditions yang jelas.

Terms and conditions adalah syarat dan ketentuan atas lisensi hak intelektual yang dibatasi oleh jangka waktu pemakaian tertentu. Adanya terms and conditions ini dimaksudkan untuk melindungi kekayaan intelektual dari pemilik lisensi karena sering munculnya perubahan kondisi peraturan pemberian lisensi atau pasar.

Pentingnya Terms and Conditions

Dalam dunia bisnis online dimana jual-beli tidak terjadi dalam pertemuan yang intens, maka terms and conditions ini akan sangat berguna bagi kedua belah pihak untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. Dengan adanya syarat dan ketentuan yang jelas akan tercipta prosedur pembelian toko online yang disepakati antara penjual pemilik toko online itu sendiri dan pembeli. Persetujuan terhadap terms and conditions dapat menjadi suatu kontrak yang mengikat antara pihak penjual dan pembeli dan sebuah penyedia layanan.

Selain itu, satu hal lagi yang harus diperhatikan oleh para pemilik toko online bahwa kenyataan di lapangan membuktikan bahwa komponen terms dan condition ini jarang sekali dibaca oleh para pengunjung toko online. Maka tidak jarang kemudian terjadi kesalahpahaman dan akhirnya muncul komplain dan kekecewaan dari pembeli. Inilah tantangan yang memang harus dihadapi para pelaku bisnis online. Tidak sedikit customer yang hanya mau berbelanja dan menyalahkan toko online jika proses transaksi tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Hal tersebut cendering sering terjadi, terutama ketika Anda mengadakan promo dengan berpartner dengan berbagai pihak di toko online Anda.

Membuat Terms and Conditions yang Baik

Untuk membuat komponen terms and conditions yang baik memang tidak aturan baku yang mengikatnya. Semua tergantung keinginan pebisnis dalam rangka pengembangan toko online dan kesesuaian produk yang akan dijual. Yang terpenting dalam pembuatan terms and conditionss ini Anda harus membuatnya secara jelas dan detail. Jangan sampai ada kata-kata yang ambigu dan menimbulkan banyak penafsiran.

Karena tidak ada aturan baku dalam pembuatan terms and conditions yang baik maka sebagai contoh kita bisa menerapkan teknik ATM (Amati , Tiru dan Modifikasi) dari persyaratan yang ada dari toko-toko online besar. Sebut saja toko online OLX yang kini telah menjadi sebuah marketplace untuk penjualan online C2C (customer to costumer) terbesar se-indonesia. Contoh lain dari toko online besar yang bisa kita jadikan contoh dalam hal pembuatan terms and conditions adalah Tokopedia, Lazada, dan Bhinneka.

Anda dapat mengakses website-website tersebut dan melihat bagian terms and conditions mereka, pelajari dan sesuaikan dengan kategori toko online Anda dan mulailah membuatnya. Jika perlu, buatlah terms & conditions tersendiri untuk penawaran/promosi khusus diluar normal transaksi yang di toko online Anda. Ingat, sekali lagi yang terpenting dari pembuatan terms and conditions ini adalah kejelasan kata-katanya. Semakin jelas Anda membuat terms and conditions, maka semakin kecil kemungkinan Anda terjebak pada hal-hal yang tidak diinginkan dalam hal transaksi jual-beli online ini.

Join Us

Artikel - Artikel Terkait