Tips Membuat Video LinkedIn Terbaik

Tips Membuat Video LinkedIn Terbaik

Facebook dan Instagram terkenal dengan video-video yang ditonton banyak orang. Bahkan pada tahun 2016 lalu, TechCrunch melaporkan bahwa umumnya orang menonton video Facebook sekitar 100 juta jam setiap hari. Penelitian juga menunjukkan 59% eksekutif lebih suka menonton video dibanding membaca teks mengenai topik yang sama.

Kini, LinkedIn hadir dengan fitur upload video terbarunya. LinkedIn juga mengklaim bahwa postingan video terbarunya dibagikan 20 kali lebih sering dibanding postingan biasa. Jadi, jika audience Anda menggunakan LinkedIn, sekarang saatnya menambahkan video dalam strategi marketing Anda. Bagaimana caranya?

Membuat video di LinkedIn

Langkah pertama untuk membuat video di LinkedIn adalah dengan menyesuaikan konten video dengan spesifikasi platform (LinkedIn) itu sendiri. Video LinkedIn dapat berjalan antara 3 detik dan 10 menit. Panjang yang disarankan untuk maximum engagement adalah antara 30 detik dan 5 menit. Video di LinkedIn dapat berorientasi lanskap atau potret dengan ukuran file maksimal 5GB. Setelah paham dengan spesifikasinya, yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah memastikan video yang Anda buat memenuhi kriteria kunci tertentu untuk memperoleh efek maksimum.

Kunci membuat video LinkedIn yang menarik

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat video LinkedIn.

1. Tarik perhatian viewer sejak awal video
Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian viewer, oleh karena itu Anda harus mampu menarik perhatian viewer sejak awal video. Gunakanlah warna yang menarik dan buatlah pembukaan yang “berani”.

2. Jangan buat video yang terlalu panjang
Meskipun belum ada data spesifik yang menjelaskan tentang kebiasaan menonton video di LinkedIn, semua orang tahu bahwa pengguna LinkedIn cenderung sibuk. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat video berdurasi pendek dan tidak bertele-tele dalam menyampikan poin utama yang ingin disampaikan.

3. Pertimbangkan penambahan caption
LinkedIn belum memperkenalkan native caption-nya, namun Anda bisa menggunakan software editing video untuk menambahkan caption yang dinilai dibutuhkan. Sekitar 85% video Facebook ditonton tanpa suara dan LinkedIn sepertinya tidak akan berada pada kondisi yang jauh berbeda. Jadi, menambahkan caption akan membantu pengguna LinkedIn lainnya untuk mengetahui tema utama video yang Anda buat.

4. Jadi diri sendiri
Anda mungkin telah melihat ratusan, ribuan, bahkan jutaan video yang sudah ditonton banyak orang dan bertanya-tanya bagaimana untuk membuat video yang sama menariknya dengan setiap video yang ada di luar sana. Namun jangan lupa, tetaplah menjadi diri sendiri. Video mempermudah Anda untuk membangun koneksi personal dengan cepat. Video memberikan ruang agar kepribadian Anda terlihat dan menstimulasi percakapan real-world. Jangan takut untuk membuat video singkat di ponsel tentang hal-hal yang bisa dinikmati oleh network yang Anda miliki. Ingat, video itu tentang koneksi, bukan kesempurnaan.

Beberapa ide untuk membuat video LinkedIn

Video seperti apa yang harusnya Anda buat? Berikut beberapa ide yang mungkin bisa membantu.

1. Perkenalkan diri Anda (atau tim)
Cara lain apa yang lebih baik untuk bercerita kepada jaringan professional Anda sedikit tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dibanding membaut sebuah video? Anda dapat membuat video intro dan berbagai sedikit tentang apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda cari. Anda juga bisa mengubah formatnya dan membuat video untuk memperkenalkan diri dan tim Anda untuk para pembeli dan klien potensial.

2. Buat video penjelasan
Buatlah beberapa video penjelasan yang memberi tahu orang-orang lebih dalam tentang apa yang Anda lakukan dan hal-hal penting yang Anda kerjakan. Ceritakanlah tentang bisnis yang Anda jalankan, bagikan cerita spesifik mengenai produk tertentu, atau tunjukkanlah sebuah produk yang ingin Anda jual.

3. Coba buat quick tips
Ide bahwa membagi informasi gratis dapat membantu pertumbuhan bisnis bukanlah sesuatu yang baru dan benar adanya. Network Anda menghadapi berbagai masalah yang berbeda. Pilih satu masalah dan buatlah video untuk membantu memecahkan masalah tersebut.


Itulah beberapa informasi tentang cara membuat video LinkedIn terbaik. Perhatikanlah beberapa hal di atas agar video LinkedIn yang Anda buat membawa dampak besar dan lebih banyak dilihat. Semoga bermanfaat!

Sumber:
Hootsuite, Biteable, Top Rank Blog