Tips Memilih Nama untuk Toko Online Anda

Word of Mouth

Bagi Anda yang ingin membuka toko online, pemilihan nama sangatlah penting. Selain sebagai brand identitas, nama toko online membantu brand tersebut dikenal di tengah persaingan pasar yang ketat. Nama tersebut tidak hanya harus sesuai dengan nature bisnis online, namun juga harus mudah dicari dan dipromosikan. Berikut ini ada beberapa tips memilih nama toko online anda:

1. Pilihlah nama yang singkat dan sederhana
Menamai toko online anda dengan sesuatu yang singkat dan sederhana adalah keharusan agar namanya mudah diingat dan mudah diucapkan. Hal ini sangatlah penting untuk menghindari ambiguitas dan merupakan satu cara membuat toko online anda dapat dengan mudah dipromosikan melalui mulut ke mulut. Terlebih lagi, pada saat brand toko online anda sudah besar, nama tersebut akan diucapkan berulang-ulang di radio atau video.

2. Pilihlah nama yang unik dan relevan dengan produk yang ditawarkan
Jangan menggunakan kata umum yang sering digunakan. Gunakanlah angka bila diperlukan agar lebih spesifik. Hal ini berlaku terutama untuk toko online di Instagram atau toko online di Facebook karena semakin unik nama toko online anda akan semakin mudah dicari oleh konsumen. Relevansi dengan produk yang ditawarkan juga merupakan hal yang tak kalah penting sehingga orang akan otomatis tahu produk yang anda jual hanya dengan mendengar nama toko online anda.

3. Cek nama tersebut di google
Di dunia yang sudah semakin berkembang ini, hampir semua hal dapat dicari melalui Google. Carilah nama yang anda inginkan di google dan lihatlah hasilnya. Hal ini untuk memastikan bahwa nama tersebut tidak terkait dengan hal-hal yang tidak baik atau memiliki makna yang kurang baik dalam bahasa apapun.

4. Pastikan anda bisa memberi trademark pada nama ini
Jika anda serius ingin mengembangkan brand perusahaan anda bahkan hingga ke kancah internasional, anda harus memeriksa USPTO.gov terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan dan memastikan kalau nama tersebut belum pernah di trademark sebelumnya dimanapun juga. Karena apabila kalian menggunakan nama yang sudah ditrademark, ada kemungkinan toko online anda bisa dituntut oleh pemilik trademark yang bersangkutan.

Jadi bagi para calon entrepreneur di luar sana, semoga tips ini membawa kesuksesan untuk bisnis online anda.

Source: Blog Shopify, Startupbisnis

Join Us

Artikel - Artikel Terkait