Tips Menggunakan Review Pembeli untuk Meningkatkan Penjualan Online

review pembeli di website ecommerce

Riset menunjukkan bahwa 61% konsumen membaca review online sebelum melakukan pembelian. Hal ini menjadi sangat penting bagi setiap website eCommerce, karena pada dasarnya review mampu meningatkan nilai konversi dan mengeliminasi keraguan dari konsumen terhadap suatu produk. Selain itu review membantu konsumen memilih produk. Berikut adalah 4 fakta manfaat review bagi bisnis Anda:

  • Menurut Reevoo, 50 atau lebih review untuk setiap produk sama dengan dengan kenaikan konversi sebesar 4.6%.
  • iPerception 2011, 63% konsumen cenderung melakukan pembelian dari website yang memiliki review konsumen.
  • Bazaarvoice, Conversation Index Q2 2011, website yang memiliki tingkat interaksi tinggi dan review memiliki kecenderungan tinggi bagi konsumen untuk melakukan pembelian saat itu juga.
  • eMarketer Febrauri 2010, review konsumen 12 kali lebih dipercaya dibandingkan dengan deskripsi produk.

Setelah Anda mengetahui manfaat review dari konsumen, beikut tips yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan review konsumen dalam bisnis Anda.

  1. Tampilkan ringkasan nilai rata-rata review karena dapat mempersingkat konsumen membaca review Anda dengan sekilas.
  2. Review tidak hanya berguna untuk halaman produk saja namun mampu membantu konsumen dalam memilih produk mereka. Gunakan fitur ‘filter’ untuk memudahkan konsumen mencari review berdasarkan navigasi yang ada.
  3. Review tidak hanya dimanfaatkan untuk pembelian online saja, banyak konsumen yang mencari review terlebih dahulu sebelum pembelian offline. Selain review, konsumen pun akan mencari produk pilihan dari rekomendasi staff yang ada.
  4. Meningkatkannya jumlah pengguna mobile membuat kebanyakan konsumen menggunakan smartphone mereka untuk mencari review dan membandingkan harga. Jadi pastikan review Anda pun mampu dilihat dengan mudah di mobile.
  5. Gunakan grafik atau bagan untuk menampilkan review Anda. Hal ini membantu konsumen untuk melihat review Anda secara lebih luas dan mendapatkan informasi secara umum.
  6. Selain menampilkan rating & pendapat konsumen, Anda juga dapat menampilkan daftar pro, kontra dan cara penggunaan.
  7. Khusus website travel terutama jika Anda menjual kamar hotel, gunakan review dari TripAdvisor. TripAdvisor adalah platform untuk traveller melakukan review perjalanan baik hotel atau tempat wisata yang dikunjungi.
  8. Selain online, gunakan juga review untuk pembelian offline melalui media showroom, tv, Koran atau majalah.
  9. Selain review positif, jangan pernah ragu untuk menampilkan review negatif karena pro dan kontra dalam produk Anda membuat konsumen lebih mempercayai produk tersebut. 68% konsumen lebih mempercayai suatu review yang memiliki pro dan kontra di dalamnya. Sedangkan 30% lainnya mencurigai review palsu jika tidak terdapat satu pun review negatif di dalamnya.

Selamat mencoba!

Join Us

Artikel - Artikel Terkait