Tips Menarik Kandidat Berkualitas dengan Online Recruitment

online recruitment

Tahukah Anda? Perusahaan yang menjalankan online recruitment memiliki kualitas kandidat 49% lebih baik dibandingkan perusahaan yang tidak melakukannya. Hal ini merupakan penelitian yang dilakukan oleh platform recruitment, Jobvite. Meskipun online recruitment lumrah dilakukan oleh sebagian besar perusahaan, namun belum banyak perusahaan yang mengetahui bagaimana menjalannya dengan efektif.

Proses online recruitment tepat bagi Anda jika bisnis yang Anda miliki belum besar. Hal ini dapat menekan budget karena Anda tidak perlu membayar headhunter atau perusahaan konsultan untuk proses recruitment. Maksimalkan website dan social media yang Anda miliki karena selain menekan budget juga sebagai media promosi perusahaan Anda. Berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas bagi perusahaan tanpa memakan banyak biaya dan waktu :

  • Berikan informasi serinci mungkin mengenai kandidat yang Anda harapkan seperti kemampuan yang diperlukan, keahlian dan personality yang diperlukan. Pastikan sistem online recruitment Anda menyimpan informasi yang dibutuhkan dan mencarikan data tersebut untuk Anda.
  • Sediakan online form yang mudah diisi oleh kandidat untuk menghindari error dan pengalaman pengisian yang buruk oleh kandidat. Pastikan juga, kandidat diberikan peringatan jika mereka belum melakukan pengisian formulir dengan benar atau terdapat beberapa kolom yang tidak terisi.
  • Lakukan tracking terhadap performa dari kandidat Anda dan gunakan data untuk mengidentifikasi social media mana yang paling banyak menghasilkan kandidat baru bagi perusahaan Anda
  • Tetap lakukan kontak terhadap kandidat Anda dan berikan kabar kepada mereka mengenai tahapan proses penyeleksian yang sedang Anda lakukan. Bahkan tetap kabari mereka jika mereka tidak lolos dalam proses seleksi Anda.
  • Pastikan online recruitment Anda dapat diakses diberbagai platform. Tidak hanya website juga melalui tablet, mobile atau smartphone.
  • Integrasikan website Anda dengan payroll supaya Anda bisa mempromosikan posisi yang kosong dan memudahkan informasi bagi karyawan Anda sekarang mengenai posisi yang diperlukan juga.
  • Sediakan email notifikasi untuk setiap kandidat yang melamar ke perusahaan Anda. Hal ini tentu penting agar setiap kandidat memiliki kesempatan yang sama untuk proses seleksi di perusahaan Anda. Jika tidak, kemungkinan besar Anda hilang kandidat terbaik Anda. Integrasikan email notifkasi dengan email HRD yang bertugas khusus untuk memproses penyeleksian di perusahaan Anda.

Keuntungan melakukan online recruitment melalui website atau social media yang Anda miliki adalah dapat menekan budget proses rekrutmen tersebut. Anda pun memiliki keleluasaan untuk memilih kandidat terbaik bagi perusahaan Anda. Karena Anda lebih mengetahui kandidat yang tepat bagi perusahaan Anda sendiri dibandingkan pihak ketiga. Selain itu selalu simpan database kandidat Anda meskipun mereka Anda tolak karena keahlian dan personality mereka bisa dibutuhkan oleh perusahaan Anda nantinya. Serta tanyakan juga mengenai sumber informasi lowongan pekerjaan yang mereka terima karena dapat menjadi tolak ukur bagi Anda untuk menetukan channel yang tepat untuk menyebarkan lowongan kerja perusahaan Anda.

Semoga bermanfaat!

Sumber : High Touch Communication Inc. , HC Online

Join Us

Artikel - Artikel Terkait