Tips Mendorong Pelanggan untuk Memberikan Review bagi Bisnis Anda

review

Ketika Anda membangun bisnis, Anda pasti sadar bahwa customer review adalah hal yang penting dan paling mempengaruhi pelanggan ketika berbelanja online. Menurut data survey dari Zendesk, 90% responden setuju bahwa review positif mengenai sebuah toko online akan sangat mempengaruhi proses pembelian mereka. Sedangkan 86% menyatakan bahwa keputusan pembelian mereka dipengaruhi oleh review negatif mengenai toko atau produk tersebut. Bahkan Brian Solis, seorang ahli di bidang media sosial berkata bahwa ini adalah era dimana brand Anda ditentukan oleh mereka yang pernah memiliki pengalaman pribadi dengan brand tersebut.

Banyak bisnis online yang fokus untuk menghadapi satu atau dua review negatif, namun sebenarnya, cara paling efektif untuk menghadapi review negatif adalah dengan mengumpulkan lebih banyak lagi review positif bagi brand Anda. Hal ini berarti Anda harus bisa mendorong pelanggan Anda untuk memberikan review setelah melakukan pembelian. Berikut tips bagaimana cara Anda untuk mendapatkan review dari pelanggan:

Set up profil bisnis Anda di berbagai website review

Pertimbangkan beberapa website review yang relevan terhadap bisnis Anda seperti Yelp, Angie’s List, Google Local, Yahoo Local, LinkedIn, TripAdvisor dan City Search. Apabila bisnis Anda bukan tipe bisnis yang bergantung pada review, Anda masih bisa mempertimbangkan website review yang sifatnya lebih general seperti TrustLink dan TrustPilot.

Tanyakan pada pelanggan Anda

Jangan pernah ragu sekalipun untuk meminta pelanggan Anda memberikan review terhadap produk atau pengalaman mereka berbelanja online. Berikan ruang atau Call to Action yang mudah terlihat di website Anda agar pelanggan bisa memberikan review saat itu juga. Anda juga bisa menyelipkan Call to Action diantara banner promosi Anda misalnya ‘Find us at Yelp’.

Berikan insentif

Jika Anda memiliki budget marketing, Anda bisa memberikan insentif seperti diskon atau voucher bagi mereka yang telah memberikan review. Anda pun bisa memberikan insentif berupa ucapan terima kasih kepada semua pelanggan yang memberikan review. Hal ini tentu akan membuat pelanggan merasa dihargai ketika berbelanja di website Anda.

Optimalkan penggunaan email

Kirimkan email kepada pelanggan Anda setelah melakukan pembelian produk untuk bertanya mengenai pengalaman mereka setelah berbelanja di website Anda. Hal ini penting karena pelanggan masih merasa excited atau sebaliknya, merasa tidak puas, terhadap produk atau pengalaman belanja mereka. Maksimal, kirimkan email tersebut 10 hari dari waktu pembelian terjadi.

Tampilkan review dalam tampilan mudah terjangkau

Anda bisa menempatkan review di setiap produk yang Anda miliki. Sehingga pelanggan bisa membacanya langsung ketika sedang melakukan pencarian produk dalam website. Tampilkan semua review apa adanya jangan pernah menutupi review negatif. Karena gabungan antara review positif dan negatif meningkatkan nilai kredibilitas tinggi terhadap website Anda.


Selain meminta review dari pelanggan, Anda pun bisa menjadikan review ini bagian dari proses pekerjaan atau bisnis Anda. Misalnya jika tim sales atau customer service mendapatkan 5 review dalam seminggu, maka mereka akan mendapatkan insentif setiap bulannya. Hal ini mengajarkan kepada karyawan Anda mengenai pentingnya review bagi kelangsungan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Forbes, Econsultancy

Join Us

Artikel - Artikel Terkait