Tips Menggunakan Facebook untuk Berjualan Online

Online Store in Facebook

Dewasa ini, ada banyak cara berjualan online. Salah satunya adalah melalui social media. Di Indonesia, berjualan online melalui Facebook, Instagram, dan aplikasi messenger, seperti LINE dan BBM marak dijalankan, dan sebagian segmen konsumen pun lebih nyaman berbelanja via social media tersebut. Facebook sendiri juga menyediakan Facebook Ads yang mendukung perkembangan toko online di social media.

Beberapa tips berikut dapat membantu Anda berjualan melalui Facebook dengan sukses:

Tentukan target pasar yang tepat
Selain memilih barang untuk berjualan online, Anda tentunya harus memilih target market Anda. Jumlah fans dan like pada page sekarang menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan bagi toko online di Facebook. Asalkan ada modal, bukanlah hal yang sulit mendapatkan jumlah fans & like yang diinginkan pada page Anda dengan membeli jasa like facebook. Namun apabila tidak tepat sasaran, satu juta likes pun bisa jadi tidak berdampak besar pada penjualan Anda.

Tingkatkan Exposure dengan iklan
Setelah Anda menentukan target market, Facebook advertising membantu Anda untuk membidik target market Anda dengan tepat. Mengapa demikian? Pertama, Anda dapat menarget audiens yang sesuai dengan segmen bisnis Anda, bisa dari segi usia, lokasi, pendidikan, hobi, pekerjaan, dsb. Kedua, ini merupakan kegiatan yang legal dan aman. Banyak agensi dan freelancer yang menawarkan jasa Facebook advertising dengan beragam penawaran. Tugas Anda adalah menemukan penawaran siapa yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Tanamkan kepercayaan
Ini merupakan aspek yang sangat penting dalam berbisnis, online maupun offline. Kepercayaan adalah awal dari kesetiaan pembeli, kunci kesuksesan bisnis Anda. Memberikan nilai kepercayaan dapat diawali dengan memasang informasi yang benar dan jelas (foto produk, deskripsi, harga, alamat, nomor telepon), review jujur dari pembeli, serta menunjukkan bukti pengiriman. Menyediakan sistem pembayaran online yang aman, sederhana, dan dapat diandalkan melalui payment gateway juga merupakan cara yang ampuh. Veritrans membantu penjual online untuk menerima sistem pembayaran online.

Permudah kontak
Customer service 24/7 sudah menjadi tren. Walaupun melelahkan, hal ini memberikan toko online Anda image positif di mata customer. Sediakan juga banyak channel untuk menghubungi toko online Anda, seperti via telepon, chat, email, social media, sampai bertemu langsung dengan CS di kantor Anda. Berikan juga pengalaman customer service yang ramah bagi pembeli.

Konsisten memberikan update
Update yang terlalu sering akan mengganggu fans/pembeli Anda, update yang terlalu jarang juga akan mengurangi exposure bisnis Anda terhadap target market. Idealnya, update dapat dilakukan dua kali dalam sehari. Satu konten berisikan promosi produk, dan satu lagi konten bermanfaat, misalnya tips, fakta unik atau kuis berhadiah.

Source: Q-netshop, Makeusof

Join Us

Artikel - Artikel Terkait