Tips Menggunakan Instagram untuk Berjualan Online

Instagram Shop

Berjualan online melalui Instagram merupakan hal tidak biasa di luar negeri, namun di Indonesia, ini adalah cara berjualan online yang sedang marak. Sebagian besar konsumen di negeri kita merasa nyaman berbelanja via social network tersebut. Saat ini, toko online di Instagram didominasi oleh toko fashion wanita dan toko make-up.

Apabila Anda ingin berjualan di Instagram, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda memulai:

1. Pamerkan produk Anda
Fotolah produk Anda dengan unik. Layaknya photoshoot cover sebuah majalah, atur tata cahaya, angel, setting, dan ‘pose’ dari produk Anda. Tidak hanya sekedar ‘berpose’ di dalam kotak atau di atas meja, tunjukan foto-foto berkualitas produk Anda saat sedang digunakan dengan setting background yang mendukung.

Untuk menarik audiens, maksimalkan penggunaan hashtags dan re-gram foto produk Anda yang dipost oleh pembeli. Hal ini juga adalah salah satu cara menjalin hubungan dengan pembeli.

2. Tunjukkan harga di foto produk
Untuk lebih menarik perhatian calon pembeli dan menekankan bahwa produk Anda dijual, cantumkan harga pada foto. Dengan begitu, sekalipun tidak membaca caption, calon pembeli akan tetap tahu bahwa produk tersebut dijual.

Apabila Anda tidak ingin mempublikasikan harga, Anda bisa mencantumkan kata “On sale”, “Stok terbatas”, atau kata-kata lain yang menunjukkan bahwa produk dijual.

3. Tuliskan deskripsi produk dengan baik
Posisikan diri Anda sebagai pembeli. Apabila Anda ingin membeli suatu barang, hal-hal apa saja yang perlu Anda ketahui? Misal: selain harga, yang calon pembeli perlu ketahui dari produk casing smartphone adalah material, warna yang tersedia, ketebalan, kualitas, dan untuk jenis smartphone apa saja. Tuliskan informasi tersebut dengan rapi dan to-the-point.

4. Gunakan hyperlink di bio akun Anda
Saat ini, Anda hanya bisa mencantumkan hyperlink pada bagian bio di Instagram. Pastikan link yang tercantum mengarah ke website yang Anda inginkan. Bisa ke situs, blog, profile toko Anda di marketplace, atau landing page tertentu.

Walaupun tidak bisa hyperlink, Anda tetap bisa mencantumkan link di caption foto. Sekarang, Anda juga bisa memanfaatkan hal ini untuk mencantumkan link halaman pembayaran oleh payment gateway pada caption. Veritrans telah menyediakan sistem pembayaran online yang sesuai dengan kebutuhan toko online di social media, yaitu VT-Link.

Sumber : Jennstrends, Verticalresponse, Shopify

Join Us

Artikel - Artikel Terkait