Tips Mengoptimalkan Instagram Ads dengan Budget Minim

iklan di instagram

Tak hanya Facebook, Instagram juga salah satu media sosial yang menuai kesuksesan luar biasa. Berawal dari hanya platform untuk berbagi foto, Instagram semakin menambah fitur-fiturnya seperti Instagram Stories dan direct messages. Saat ini sudah banyak pihak yang memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berjualan. Review produk yang di-upload berupa gambar atau video dinilai lebih bisa menarik pelanggan. Pengguna Instagram yang tidak sedikit membuat media sosial ini dilirik oleh para pelaku bisnis online sebagai media penayang iklan. Jika Anda salah satunya dan berkeinginan untuk memasang iklan di Instagram, berikut tips-tipsnya:

Gunakan caption yang singkat dan tepat sasaran

instagram caption

Memang inti postingan di Instagram adalah gambar atau video. Tapi, akan lebih baik jika Anda juga menyertakan beberapa teks di dalamnya. Namun ingat, jangan menyisipkan teks terlalu banyak. Cukup tiga hingga enam kata yang bisa menggambarkan produk Anda. Pastikan caption yang Anda gunakan bisa mewakili apa yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan.

Buat konten natural

instagram ads

Buat konten gambar senatural mungkin. Sebisa mungkin, jangan membuat gambar Anda terlihat sebagai sebuah iklan. Jika perlu, jangan hanya memfokuskan video atau gambar Anda pada produk saja, sertakan juga gambar orang agar lebih menarik. Konten yang natural akan lebih mudah membekas di memori sehingga lebih banyak mendapatkan respon.

Pilih kombinasi warna yang harmonis

Pemakaian kombinasi warna yang harmonis membuat iklan Anda lebih mudah diingat. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan warna yang hampir mirip lebih enak dipandang daripada warna yang saling berlawanan. Warna yang saling bertabrakan membuat orang cenderung malas melihatnya apa lagi mengingatnya.

Buat kompilasi gambar

Buatlah kompilasi agar iklan Anda tidak membosankan. Gabungkan beberapa gambar menjadi satu. Misalkan ambil gambar produk Anda dilihat dari berbagai angle (depan, belakang, samping, atas, dan bawah) lalu gabungkan hasil jepretan ini menjadi satu. Gambar kompilasi ini lebih praktis dan menarik karena memungkinkan orang bisa melihat tampilan produk secara keseluruhan. Selain itu, gambar yang dikompilasi secara berurutan juga bisa Anda gunakan sebagai media penyampaian pesan.

Sertakan hasthag

hashtag

Anda wajib menggunakan hashtag jika produk Anda ingin lebih di-notice oleh netizen. Pilih hashtag yang khusus dibuat untuk kampanye pemasaran yang Anda jalankan atau pilih hashtag yang populer. Dengan begitu, ketika ada pelanggan yang memakai produk Anda, ia akan mencantumkan hashtag yang Anda buat di postingan mereka dan produk Anda pun akan semakin dikenal.

Semoga bermanfaat!

Sumber: Sprout Social, Jeff Bullas, The Next Ad

Join Us

Artikel - Artikel Terkait