Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan di Toko Online Anda

Secure Shopping

Bagi sebuah toko online, memperoleh kepercayaan dari pelanggan sangatlah penting. Survey menunjukan factor kepercayaan menjadi hambatan orang bertransaksi online. Tanpa kepercayaan dari pelanggan, kelangsungan toko online tidak akan bertahan.

Berikut beberapa cara membuat toko online Anda terpercaya:

1. Gunakan web design yang professional
Design website toko online sangatlah penting karena bisa mempengaruhi kesan pertama pelanggan terhadap toko online Anda. Logo, design theme dan warna harus disesuaikan dengan target pasar toko online Anda. Carilah referensi beberapa referensi toko-toko online di Indonesia, seperti Blibli, Berrybenka, Lazada dll untuk mengetahui design yang mereka gunakan.
Tak kalah penting, pastikan semua data di dalam website harus dienkripsi untuk menghindari kebocoran data dan juga gunakan ‘Privacy Policy’ yang menjanjikan pelanggan bahwa data mereka terjaga saat berbelanja di toko online Anda.

2. Cantumkan identitas toko online
Detail mengenai toko online sebaiknya dicantumkan, mulai dari alamat email, nomor telepon dan informasi lainnya agar pelanggan merasa yakin tentang legalitas toko online Anda. Kalau perlu, cantumkan juga akun Facebook & twitter yang terhubung dengan toko online Anda, untuk menunjukan kredibilitas toko online Anda.

3. Buat pelanggan anda puas dengan layanan yang diberikan
Ada beberapa cara untuk memastikan kepuasan pelanggan seperti membuat refund policy, mengirim barang tepat pada waktunya dan memberikan produk garansi pada pelanggan. Tidak hanya itu, toko online juga sebaiknya harus cepat tanggap dalam menghadapi complain dari pelanggan. Bahkan setelah transaksi terjadi, alangkah baiknya jika menghubungi pelanggan anda dan tanyakan apakah mereka puas dengan layanan yang diberikan. Dengan begitu toko online dapat senantiasa mengembangkan layanan yang diberikan. Tips ini tidak hanya berlaku untuk toko online yang sudah memiliki website, melainkan juga berlaku untuk toko online di Facebook maupun toko online di Instagram karena pelayanan yang baiklah yang akan membuat pelanggan kembali menggunakan layanan Anda di kemudian hari.

4. Integrasi dengan Online Payment Gateway yang terpercaya
Pelanggan akan enggan berbelanja apabila pada saat melakukan pembayaran via online, mereka tidak yakin dengan sistem pembayaran yang digunakan. Apalagi di jaman sekarang ini, dimana kecurangan transaksi online sering terjadi, pelanggan tidak akan mau mengambil resiko tersebut. Bagi toko online yang sudah terintegrasi dengan layanan pembayaran online, alangkah baiknya jika logo provider payment gateway dicantumkan agar meningkatkan kepercayaan pembeli.

Demikianlah tips dari kami, semoga bermanfaat untuk toko online anda dan bisa meningkatkan penjualan kalian!

Sumber: Inc.com, Riyadbank

Join Us

Artikel - Artikel Terkait