Tips Penulisan Deskripsi Aplikasi Mobile yang Menarik pada App Store

deskripsi App Store

Apakah Anda baru-baru ini meluncurkan aplikasi mobile di App Store? Sudah berjalan beberapa minggu berlalu sejak peluncuran , tetapi hingga saat ini jumlah orang yang download masih sedikit. Padahal, feedback yang diberikan para pengguna aplikasi cukup baik. Lantas, mengapa jumlah download masih terlampau minim?

Hal ini bisa disebabkan oleh penulisan deskripsi aplikasi Anda di App Store. Mungkin sebenarnya ada banyak orang yang menekan aplikasi Anda karena tertarik dengan desain ikon. Namun, setelah membaca deskripsi, mereka mengurungkan niat tersebut karena merasa penjelasan Anda kurang menarik atau tepat sasaran terhadap kebutuhan mereka. Deskripsi aplikasi pada App Store harus to the point, tetapi di saat bersamaan juga mampu merangsang emosi calon pengguna untuk menggunakannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Maksimalkan 255 karakter pertama

Jika Anda meluncurkan aplikasi mobile di App Store milik Apple, usahakan untuk berfokus pada 255 karakter pertama. Deskripsi dengan 255 karakter inilah yang akan dibaca pertama kali oleh calon pengguna tanpa harus menekan tombol “more” untuk membaca deskripsi yang lebih lengkap. Mereka baru akan menekan tombol tersebut apabila deskripsi pada 255 karakter cukup menarik dan memancing rasa penasaran mereka.

Karena merupakan aplikasi baru, kemungkinan besar Anda belum bisa menonjolkan statistik seperti jumlah download atau media mana yang sudah membahas Anda. Karena itu, sebaiknya fokuslah dalam menonjolkan value dari aplikasi mobile Anda. Namun, di saat yang sama, rangkailah deskripsi yang mampu memengaruhi emosi mereka untuk melakukan download.

Jabarkan masalah dan solusi yang diberikan

Aplikasi mobile yang sukses mampu menyediakan solusi bagi masalah yang dihadapi pelanggan. Masalah ini disebut juga dengan istilah pain points. Terkadang, pain points tersebut sangat jelas dirasakan pelanggan. Namun, tak jarang pula pain points ini merupakan sesuatu yang harus dipikirkan pelanggan terlebih dulu. Nah, tugas Anda adalah membuat pelanggan untuk memikirkannya.

Uber, misalnya, berhasil menyelesaikan masalah pelanggan yang sebelumnya tidak mereka sadari. Selama ini, banyak pelanggan bergantung kepada transportasi umum untuk memenuhi kebutuhan mobilitas. Karena sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, mereka tidak sadar bahwa banyak waktu terbuang untuk menunggu dan mencari transportasi umum. Uber menawarkan alternatif solusi yang memungkinkan pelanggan menggunakan transportasi melalui aplikasi.

Nah, dengan memperkenalkan masalah dan memberikan solusi melalui deskripsi aplikasi, Anda bisa membuat calon pengguna menyadari masalah yang sebetulnya mereka hadapi dan bagaimana aplikasi Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Tonjolkan fitur-fitur utama

Ada berapa banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi mobile Anda? Jumlahnya mungkin bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan. Namun, jangan mencantumkan semuanya pada deksripsi App Store. Fokus saja pada satu atau dua fitur utama yang mampu menjawab permasalahan pelanggan.

Ingat, tujuan Anda dalam menulis deskripsi adalah untuk memancing rasa penasaran pelanggan sehingga membuat mereka tertarik untuk download. Mereka bisa mengeksplor sendiri seluruh fitur ketika sudah download dan menggunakan aplikasi. Lagi pula, jika Anda mencatumkan seluruh fitur pada deskripsi aplikasi, calon pengguna akan kesulitan untuk memproses informasi tersebut.

Localizing deskripsi aplikasi Anda

Meskipun aplikasi mobile Anda dibuat di daerah tertentu, bukan berarti aplikasi Anda hanya terbatas untuk pengguna di daerah tersebut, bukan? Anda tentu ingin agar aplikasi mobile buatan Anda bisa didownload dan digunakan oleh sebanyak mungkin orang dari berbagai daerah.

Cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah dengan melakukan teknik localizing. Tuliskan deskripsi aplikasi Anda menggunakan bahasa lokal calon pengguna di negara-negara yang menjadi target Anda, misalnya Bahasa Jepang, Korea, Spanyol, dan sebagainya. Namun, Anda memang harus berhati-hati dalam melakukannya. Jangan sampai salah menerjemahkan. Mintalah bantuan orang lain atau manfaatkan jasa penerjemah freelance profesional.


Dalam menulis deskripsi aplikasi mobile yang tepat di App Store, Anda akan dituntut untuk melakukan eksperimen. Cobalah gaya penulisan yang berbeda untuk menentukan metode paling tepat. Apabila hasil download justru menurun, Anda bisa selalu kembali ke metode sebelumnya. Intinya, jangan pernah berhenti bereksperimen untuk menentukan penulisan deskripsi terbaik bagi aplikasi mobile Anda.

Selamat mencoba!

Sumber: Entrepreneur, appbot

Join Us

Artikel - Artikel Terkait