Tips Public Relations untuk Startup Anda

pengertian public relation

Peranan public relation (PR) bagi startup dibandingkan perusahaan lainnya memiliki tantangan sendiri. Biasanya startup hanya memiliki tim yang berfokus pada produk dan tim marketing dan PR memiliki peranan yang kecil di startup. Startup pun memiliki tantangan untuk menjelaskan produk dan konsep baru kepada audiens, memiliki budget yang terbatas serta networking dengan jurnalis yang minim. Agar fungsi PR di startup Anda menjadi maksimal bisa mengikuti tips berikut ini :

  • Pastikan Anda mengetahui apa yang membuat start up Anda unik dan berbeda dibandingkan dengan startup lainnya. Hal ini membantu perusahaan Anda dalam hal diferensiansi dengan startup lainnya. Pastikan juga keunikan yang Anda miliki memiliki nilai berita yang menarik. Beberapa ide yang dapat Anda jadikan nilai berita bagi perusahaan misalnya launching perusahaan atau produk Anda, event yang sedang Anda selenggarakan dan meluncurkan sebuah studi baru yang sedang Anda lakukan. Setelah Anda mengetahui bahwa perusahaan Anda unik dan memiliki nilai berita, Anda dapat menginformasikannya kepada audiens melalui media.
  • Pastikan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada influencer atau jurnalis memiliki nilai atau data yang berharga. Misalnya Anda menjelaskan suatu isu atau case berdasarkan penelitian atau hasil dari startup Anda. Hal ini tentu meningkatkan nilai jual perusahaan Anda karena data yang Anda miliki memiliki eksklusivitas.
  • Anda harus mengetahui dan memahami audiens serta jurnalis yang Anda undang untuk menyebarkan berita Anda. Anda bisa mengundang jurnalis tertentu dengan membaca artikel dan kolom berita yang dia tulis dan menyesuaikan berita yang Anda miliki untuk mereka. Jurnalis yang tepat akan menyampaikan kepada audiens yang tepat pula. Oleh karena itu pastikan Anda memahami keduanya.
  • Ketika Anda sedang mengadakan event baik itu online atau offline, tidak ada salahnya memberikan hadiah dalam bentuk goodies untuk mempromosikan produk atau perusahaan Anda. Khususnya bagi Anda yang menjual produk, Anda bisa memberikan produk Anda hadiah bagi audiens atau influencer yang Anda pilih.
  • Ciptakan buzzer mengenai produk atau perusahaan yang Anda miliki dengan memanfaatkan influencer yang Anda ketahui. Misalnya Anda dapat menggunakan atau mengisi artikel dalam blog dari seorang bloggers terkenal.
  • Integrasikan strategi SEO Anda dengan campaign PR yang sedang Anda jalani untuk menciptakan reputasi dan keberadaan online Anda. Gunakan kata kunci tertentu yang dapat men-direct langsung visitor menuju website Anda. Keyword dapat meningkatkan traffic menuju website Anda apabila digunakan dengan maksimal.
  • Personalisasi setiap email dan pesan yang Anda buat khususnya kepada jurnalis atau influencer tertentu. Hal ini membantu dalam meningkatkan nilai jual berita yang Anda tawarkan kepada jurnalis atau influencer. Setiap email atau pesan yang bersifat lebih personal akan lebih sering dibaca oleh penerima dibandingkan yang tidak.
  • Anda dapat menghadiri event atau acara tertentu untuk memperluas networking Anda. Hal ini membantu Anda dalam memperkenalkan startup yang Anda bangun dan menciptakan buzz juga diantara audiens Anda. Selain seminar atau workshop yang diadakan suatu perusahaan atau institusi tertentu, banyak juga event-event lain, baik yang gratis maupun yang berbayar, melalui website-website seperti www.eventbrite.com atau www.meetup.com untuk memperluas network Anda.

Bagi startup hindari untuk membuat press conference terlalu cepat, hal ini terjadi untuk menghindari kesalahan didepan media karena pengalaman yang Anda miliki masih minim.

Semoga dapat bermanfaat!

Sumber : 5wpr , Mashable Asia

Join Us

Artikel - Artikel Terkait