Tips Sukses Membangun Bisnis Sampingan Ketika Bekerja Full Time

pekerjaan sampingan di rumah

Anda ingin memiliki bisnis sampingan? Walaupun Anda masih menjalankan pekerjaan utama di kantor, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis sampingan. Side job ini juga ada baiknya dimulai sedini mungkin. Suatu saat nanti, Anda pasti akan pensiun, kan? Nah, jika Anda berhenti dari kantor tadi, alangkah baiknya jika bisnis sampingan Anda ini sudah berjalan lancar.

Namun ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui ketika menjalankan bisnis sampingan. Berikut tips-tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun bisnis sampingan Anda sambil tetap fokus pada pekerjaan utama Anda :

Rencanakan secara menyeluruh bisnis sampingan Anda

Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk menjalankan bisnis, seperti:

  • Apa produk (atau layanan) yang ingin Anda jual, seberapa besar modalnya, berapa lama perkiraan modal akan kembali, siapa target audience, dsb.
  • Cari logo yang tepat, kemasan yang tepat.
  • Lakukan riset. Cari tahu apa yang disukai pelangan, apa yang tidak, apa yang laku, dsb.
  • Pelajari dulu teknik dasar pemasaran, beriklan, bagaimana cara mengemas produk yang baik juga sangat penting.
  • Jalankan bisnis tidak cuma dengan sesuatu yang Anda suka tapi juga yang sesuai dengan keahlian Anda. Intinya, jangan memulai bisnis dalam keadaan ‘buta’.

Yakinkan apa alasan Anda memulai bisnis sampingan

Keinginan untuk memulai bisnis sampingan, bisa jadi, karena Anda tergiur oleh orang terdekat yang lebih dulu sukses. Atau biasanya, alasan lainnya adalah keinginan untuk lebih banyak waktu untuk menjaga anak-anak di rumah, bosan dimarahi atasan, atau lelah dengan rutinitas di kantor. Apa pun alasannya, pastikan alasan tersebut mampu membuat Anda bertahan dalam masa peralihan. Sebaiknya, Anda tidak berhenti dulu dari pekerjaan tetap Anda sampai dengan bisnis sampingan yang Anda jalankan stabil. Perlu Anda ingat, masa ini bisa jadi sangat melelahkan dan membuat stres.

Komitmen

Tanamkan komitmen pada diri Anda, karena dengan komitmen, Anda akan survive dan fokus dalam menjalankan bisnis sampingan Anda. Sebagai tambahan, pikirkan hal lain yang bisa Anda dapatkan setelah usaha sampingan ini berhasil, seperti waktu yang lebih panjang bersama keluarga. Mintalah dukungan dari keluarga untuk usaha Anda.

Dapatkan kemudahan

Maksudnya, carilah sesuatu yang bisa membantu Anda. Contoh, misalnya Anda menjalankan online shop, gunakan internet banking untuk mempermudah berbagai transaksi bisnis Anda, bila diperlukan, gunakan ponsel tambahan untuk akun social media, email, dsb. Selain menghemat waktu, meringankan tenaga dan juga supaya tidak tercampur antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan Anda.

Jangan terburu-buru

Maksudnya, seperti yang telah dijelaskan di atas, pelajari dulu serba-serbi bisnis sampingan ini. Jika modal Anda belum memadai, sebaiknya menabung dulu. Setelah perlahan modal tekumpul, perlahan lakukan yang lain, misalnya, membuat logo, mencetak bon, mencetak kertas kemasan, membeli produk, mengembangkan akun di social media, dll.

Tetap positif menjalankan pekerjaan utama Anda

Hal ini banyak manfaatnya. Salah satu hal pentingnya, pikirkan back up plan dari bisnis sampingan Anda. Jikalau sampingan tersebut tidak berjalan seperti yang Anda inginkan, Anda masih memiliki pekerjaan, kan? Tetap positif juga membantu Anda dalam menyelesaikan kedua pekerjaan Anda.


Belajar, meminta saran dan bertukar pikiran dengan pebisnis lain yang lebih dulu sukses adalah langkah awal yang baik. Itulah beberapa tips dalam menjalankan bisnis sampingan, semoga bermanfaat.

Sumber : Entrepreneur, Ryan Robinson

Join Us

Artikel - Artikel Terkait