Tips untuk Membuat Slide Presentasi yang Menarik dan Efektif

Slide Presentasi

Ketika akan melakukan presentasi untuk meeting, Anda perlu membuat slide presentasi sebagai bahan acuan mengenai apa yang ingin Anda tunjukkan pada audiens Anda. Agar isi presentasi tidak membosankan dan dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton, Anda perlu membuat slide presentasi Anda semenarik mungkin, bukan? Ikuti tips-tips berikut untuk slide presentasi yang baik:

Pilih template yang kreatif

Karena memang difungsikan sebagai tools untuk presentasi, Power Point menyediakan pilihan template yang tidak sedikit. Tapi sebaiknya Anda membuat template sendiri atau mengunduhnya dari internet. Memakai template dari Power Point menjadikan presentasi Anda membosankan karena sudah sering dipakai.

Tidak lebih dari 6 baris dalam 1 slide

Jika Anda harus menulis poin-poin penting, sebaiknya dibatasi tidak lebih dari enam baris dalam satu slide. Jika terlalu banyak, bisa-bisa akan membuat penonton Anda lupa apa saja yang sudah Anda sampaikan. Perhatian audiens tidak hanya tertuju pada slide presentasi Anda, tapi mereka juga harus mengolah info yang mereka dengarkan dari Anda. Jadi, jangan menulis poin hingga memenuhi seluruh slide.

Lebih singkat lebih baik

Ingat, slide berfungsi sebakai pendukung presentasi Anda, jadi sebisa mungkin hindari menulis kalimat penjelasan yang terlalu panjang. Lebih baik tulis satu poin penting yang ingin Anda sampaikan dengan font ukuran besar. Jangan menulis penjelasannya di situ, tapi jelaskan secara langsung. Power Point yang berisi penjelasan sama dengan yang Anda katakan justru akan membuat penjelasan yang Anda sampaikan secara langsung kurang diperhatikan karena orang berpikir ia sudah cukup mengerti dengan penjelasan yang Anda tulis di slide.

Gunakan ukuran huruf tidak kurang dari 30pt

Jangan samakan menulis di presentasi dengan menulis cerita di Microsoft Word yang menggunakan ukuran font standar. Di Power Point, Anda menulis poin dan judul agar terlihat jelas. Oleh sebab itu, gunakan font berukuran minimal 30pt. Jika lebih kecil dari itu, bisa-bisa tulisan Anda tidak bisa terbaca jelas oleh audiens.

Warna teks dan background harus kontras

Menyesuaikan warna teks dengan background yang Anda pakai juga penting. Pilih warna yang kontras antara huruf dan background. Hal ini memudahkan audiens Anda membaca poin presentasi yang Anda berikan. Jangan sampai hanya karena Anda salah memilih warna font, audiens mengalami kesulitan membaca poin yang ingin Anda sampaikan dan akhirnya bosan.

Jangan berlebihan

Terkadang karena ingin memakai sebanyak mungkin fitur yang ada di Power Point, Anda membuat presentasi se-kreatif mungkin tapi memperhatikan keefektifannya. Misalnya dengan memakai warna sebanyak mungkin pada font agar terlihat indah, atau mengatur huruf dengan garis bawah, dimiringkan, atau huruf tebal dalam satu kalimat dengan tujuan membedakannya dari teks lainnya. Alih-alih menarik perhatian, justru akan membuat presentasi Anda kurang menarik. Jika memang ingin menyampaikan poin penting, tebalkan saja frase seperlunya dan beri warna berbeda yang selaras, tidak perlu berlebihan.


Apapun isi presentasi Anda, hindari membuat slide polos putih atau warna lain tanpa adanya desain atau hiasan pendukungnya. Slide presentasi Power Point yang baik adalah yang bisa membuat penonton tetap fokus pada penjelasan yang Anda sampaikan.

Sumber: Shutterstock, Visage

Join Us

Artikel - Artikel Terkait