Tips untuk Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah

kerja dari rumah

Bosan dengan suasana kantor membuat Anda ingin merasakan pengalaman bekerja dari rumah? Mungkin hal ini terlihat menyenangkan, namun jika Anda kurang pandai mengatur siasat jitu justru akan merugikan Anda sendiri karena pekerjaan tidak bisa selesai. Ketahui tips-tips bekerja dari rumah di bawah ini.

Menata ruang sedemikian rupa

Penting untuk menata ruangan Anda layaknya ruang kerja. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah fokus. Siapkan ruangan khusus untuk Anda bekerja. Ruangan ini yang akan selalu Anda pakai ketika bekerja dari rumah. Meskipun Anda bekerja dengan laptop, hindari mengerjakannya di atas sofa atau bahkan tempat tidur. Keduanya sangat menggoda sehingga bisa membuat Anda merasa malas. Anda bisa memilih sudut ruang kamar yang jauh dari keramaian namun tetap membuat Anda merasa nyaman.

Hindarkan diri dari distraksi

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah adanya distraksi. Ketika Anda melihat tumpukan cucian menggunung, ruang teras berdebu yang belum disapu, ataupun menu makan siang yang belum dimasak ini akan mengganggu fokus Anda untuk bekerja. Pasti Anda ingin segera menyelesaikan semua itu, bukan? Sebisa mungkin singkirkan itu semua dari pandangan Anda. Belum lagi jika ada anak dan istri Anda yang memanggil atau suara mereka yang bisa memecah konsentrasi Anda. Oleh sebab itu, penting untuk “mengisolasi” diri ketika bekerja dari rumah dengan melakukannya di ruang terpisah.

Atur jam kerja tetap

Meskipun bekerja dari rumah terlihat lebih fleksibel, namun justru jangan jadikan hal ini sebagai penghambat terselesainya pekerjaan Anda. Jangan terlalu santai. Buat jam kerja paten seperti Anda biasa bekerja di kantor. Misalkan jam kerja Anda 8 pagi hingga 5 sore, maka lakukan hal yang sama ketika Anda bekerja dari rumah. Jika perlu, mulailah lebih pagi agar semakin cepat Anda selesai. Selain itu, mengatur jam kerja dapat membuat atasan atau rekan kerja lebih mudah menghubungi Anda.

Memanfaatkan waktu istirahat

Lakukan istirahat setelah beberapa jam. Gunakan untuk makan siang, tidur sejenak, maupun sekedar bersantai di teras atau halaman belakang. Menghirup udara segar dapat membuat pikiran Anda kembali rileks. Jika Anda ingin makan siang di luar dengan teman, itu lebih baik untuk memperbaiki mood Anda.

Lakukan di kafe atau tempat publik lainnya

Bekerja dari rumah bukan berarti harus sepenuhnya dilakukan di rumah. Anda juga bisa melakukannya di kafe favorit yang menurut Anda bisa membantu Anda berkonsentrasi. Mengerjakan pekerjaan di luar rumah seperti ini akan menghindarkan Anda dari distraksi seperti cucian yang menumpuk, lantai kotor yang harus segera dibersihkan, atau bahkan memasak. Pilih kafe dengan suasana nyaman dan tidak terlalu ramai.

Tahan keinginan untuk menjelajah media sosial

Tak hanya di kantor, di rumah pun godaan untuk membuka media sosial bisa jadi semakin besar. Tidak adanya pengawasan dari atasan atau teman kerja membuat Anda lebih bebas berselancar di dunia maya sambil bekerja. Namun, jangan sekali-kali melakukan hal ini. Hanya buka media sosial ketika Anda sudah selesai karena jika tidak, pekerjaan akan menjadi terbengkalai dan Anda pun memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.


Itulah tips-tips bekerja dari rumah. Walaupun kelihatannya lebih menyenangkan dan santai, tapi jika Anda tidak bisa mengontrol diri dengan hal-hal di sekeliling yang berpotensi menjadi distraksi, maka pekerjaan Anda tidak akan bisa selesai tepat waktu.

Sumber: Entrepreneur, Hubspot Blog, Lifehack

Join Us

Artikel - Artikel Terkait