Tren Content Marketing yang Efektif di Tahun 2019

Tren Content Marketing yang Efektif di Tahun 2019

Content marketing menjadi salah satu bentuk promosi brand dengan menggunakan konten sebagai bahan utama melakukan pemasaran. Konten yang dibuat tidak hanya berupa tulisan, namun juga gambar dan video. Content marketing pada dasarnya adalah bagaimana Anda membuat story tentang brand agar orang lain paham tentang bisnis yang dijalankan.

Melalui story ini orang akan mengenal lebih dekat tentang bisnis yang Anda jalankan. Content marketing efektif untuk meningkatkan penjualan karena orang yang pandai menciptakan emosi saat bercerita tentu akan lebih mendapat perhatian daripada yang tidak. Jadi, pelajari tren content marketing di bawah ini demi kesuksesan bisnis yang dijalankan.

Jangan meniru konten yang sudah ada

Orisinalitas adalah poin penting ketika Anda menciptakan sebuah content marketing. Studi yang dilakukan oleh Cohn & Wolfe di tahun 2017, menunjukkan bahwa 91% konsumen menghargai usaha yang dilakuakan oleh sebuah brand untuk melakukan promosi dengan cara yang orisinil dan belum ada sebelumnya. Hal ini dilakukan di samping mengecek keaslian dari suatu produk.

Selain itu, konten yang asli juga akan memengaruhi keputusan konsumen saat akan membeli produk Anda. Jika content marketing yang Anda jalankan sama persis dengan yang dilakukan brand lain terdahulu, tentu konsumen akan melabeli produk Anda sebagai penjiplak, sehingga malah akan mengurangi kepercayaan konsumen pada Anda.

Menjangkau konsumen secara personal dan interaktif

Marketing Insider pernah menyatakan bahwa 78% konsumen akan lebih terpicu untuk membeli suatu produk jika content marketing yang dijalankan bisa mendekati mereka dengan lebih personal dan relevan dengan kehidupan. Bahkan, content marketing yang personal bisa membuat konsumen mengeluarkan 500% lebih besar dari pengeluaran awal yang direncanakan.

Untuk menjangkau konsumen, Anda juga harus bisa membuat mereka merasakan menjadi bagian dari brand dengan membuat content marketing yang interaktif. Engagement target audiens juga bisa ditingkatkan dengan konten yang interaktif. Manfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk membuat konten dimana audiens bisa turut serta berinteraksi dengan produk Anda melalui sesi tanya jawab atau video how-to.

Membuat konten berupa video

Pada tahun 2021, diprediksi bahwa traffic video akan mencapai 82%. Hal ini bukanlah sebuah asumsi belaka mengingat tingginya angka konsumen yang melakukan transaksi pembelian setelah melihat sebuah konten video dari sebuah brand. Konten video yang Anda buat untuk promosi juga bisa membuat konsumen penasaran untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Anda.

Penggunaan video untuk content marketing sudah terbukti berhasil meningkatkan pendapatan para pebisnis hingga 49%. Hal ini tak lepas dari 64% konsumen yang memutuskan membeli produk setelah melihat video promosi di Facebook. Ketika Anda memtuskan untuk membuat video promosi, selalu sertakan keunikan yang membuatnya berbeda dari video lainnya. Buatlah video yang ramah smartphone karena kebanyakan orang sekarang lebih sering menggunakan smarthphone daripada komputer.


Pastikan tren konten tersebut dapat Anda maksimalkan untuk

Sumber: Get Craft, Dewaweb, Marketing Insider