Website Ecommerce Indonesia dengan Halaman Checkout Terbaik

Checkout website ecommerce

Salah satu kunci sukses penjualan di sebuah website ecommerce adalah seberapa efisien halaman checkout di website tersebut. Rendahnya konversi sering terjadi karena customer sudah memilih barang tetapi tidak menyelesaikan proses checkout.

Mengetahui pentingnya halaman checkout, apa saja faktor yang membuat sebuah halaman checkout yang bagus & efisien?

1. Speed. Kecepatan loading sangatlah krusial dalam proses berbelanja online. Delay ketika loading dapat menurunkan tingkat kepercayaan customer terhadap toko online.
2. No forced registration. Data menunjukan bahwa dengan memaksa customer untuk melakukan registrasi sebelum checkout akan menurunkan conversion.
3. Security. Beberapa logo yang menunjukan garansi keamanan (GeoTrust, Norton, TRUSTe, VeriSign dll), memberikan efek positif dalam proses checkout.
4. Easy filling. Hindari form yang terlalu panjang dan berlebihan. Karena customer tidak menyukai pengisian form yang terlalu panjang.
5. Progress indicators. Customer seharusnya mendapatkan informasi mengenai dimana step saat ini & berapa step lagi untuk menyelesaikan checkout.
6. Basket summary. Berikan ringkasan mengenai item & total harga pembelian customer.

Berikut adalah kumpulan website ecommerce di Indonesia dengan halaman checkout memenuhi beberapa kriteria di atas:

Lensza

Lensza menjual berbagai merek contact lens & beberapa produk lain yang berhubungan. Lensza menunjukkan 4 langkah untuk meneyelesaikan checkout, dimana langkah ke-4 menunjukkan ringkasan pembelian. Sayangnya step pertama mengharuskan customer untuk malakukan registrasi. Hal tersebut cukup terbantu oleh field form yang cukup singkat.

Halaman Checkout Lensza

Bagian terbaik dari halaman checkout di lensza adalah proses checkout tanpa harus berpindah halaman.

Traveloka

Halaman Checkout Traveloka

Sebagai leading travel ecommerce di Indonesia, Traveloka memiliki halaman checkout yang sangat efisien. Traveloka menunjukkan 5 langkah untuk menyelesaikan pembelian. Sayangnya untuk website ecommerce yang menjual tiket pesawat, pengisian data & registrasi wajib dilakukan. Di halaman pengisian data, Traveloka menunjukkan security dengan menampilkan logo SSL Secured.

Halaman Checkout Traveloka

Step pembayaran sangat simple dengan menampilkan berbagai metode pembayaran yang tersedia.

Berrybenka

Halaman Checkout Berrybenka

Berrybenka menggunakan 2 langkah untuk menyelesaikan checkout. Seperti pada umumnya website ecommerce, langkah pertama diawali dengan melakukan registrasi/login jika sudah memiliki akun.

Halaman Checkout Berrybenka

Langkah berikutnya digunakan untuk mengisi detail customer, shipping address & memilih metode pembayaran yang akan digunakan.

Cinemaxx

Cinemaxx merupakan salah satu chain cinema di Indonesia yang menyediakan online booking. Online booking experience yang ditawarkan oleh cinemaxx sangat bagus.

Halaman Checkout Cinemaxx

Langkah yang diperlukan dari awal hingga menyelesaikan booking sangat mudah, mulai dengan memilih movie & lokasi, memilih seat, detail pembayaran dan terakhir konfirmasi.

Blibli

Halaman Checkout Blibli

Blibli merupakan salah satu B2C ecommerce raksasa di Indonesia. Dengan visitor yang banyak, kenyamanan checkout sangatlah penting. Seperti website ecommerce pada umumnya, customer harus melakukan registrasi sekaligus mengisi detail pengiriman.

Halaman Checkout Blibli

Langkah terakhir adalah memilih metode pengiriman & pembayaran. Hal yang menarik di halaman checkout Blibli adalah berbagai macam metode pembayaran yang disediakan.

Sumber : Econsultancy

Join Us

Artikel - Artikel Terkait