Yuk Mengenal Payment gateway dan Berbagai Keuntungannya

Pembayaran Online

Payment gateway adalah satu istilah asing bagi kebanyakan orang pada zaman dahulu, di mana waktu itu masih banyak orang yang belum mengenal istilah eCommerce dan toko online. Namun, di zaman sekarang, perlahan semakin banyak orang yang mengenal istilah tersebut. Nah, bagi Anda yang belum mengenal istilah itu sehingga belum tahu apa itu payment gateway dan belum tahu pula apa keuntungan bila menggunakannya, berikut penjelasan sederhananya.

Apa itu payment gateway?

Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan dalam dunia eCommerce oleh toko online terpercaya. Mengapa demikian? Sebab, untuk mengaktivasi akun untuk menggunakan layanan payment gateway pasti membutuhkan syarat-syarat khusus yang itu tidak bisa dipenuhi oleh sembarang toko online. Dengan demikian, toko online yang menggunakan fasilitas payment gateway bisa dipastikan adalah toko online terpercaya dan Anda sebagai konsumen pun tidak perlu khawatir bertransaksi dengan mereka.

Lalu, apa manfaatnya bagi toko online?

Ada beberapa keuntungan yang akan didapat oleh toko online yang memiliki fasilitas payment gateway, salah satunya toko online Anda akan memiliki kesan terpercaya di mata konsumen. Jika Anda sudah memilikinya, maka kehadiran payment gateway akan semakin memperkuat kesan itu.

Selain itu, ada juga keuntungan lainnya, yaitu toko online tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai Bank. Dengan memiliki fasilitas payment gateway, toko online cukup memiliki satu rekening dari satu Bank. Sebab, payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening Bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online tersebut.

Keuntungan lainnya adalah dengan teknologi canggih yang dimiliki payment gateway, Anda bisa menerima pembayaran melalui kartu kredit, direct debit (BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks dan e-Pay BRI), e-wallet (t-cash dan XL Tunai), dan Bank transfer. Hal yang terpenting adalah payment gateway dapat memastikan transaksi online aman sehingga kerahasiaan data dan informasi konsumen terjaga. Di samping itu, payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.

Selain berbagai keuntungan dalam hal pilihan pembayaran, payment gateway biasa juga dilengkapi dengan dashboard yang membantu Anda dalam proses rekonsiliasi penjualan, seperti laporan penjualan, detail pelanggan, void, dan refund (pengembalian dana) transaksi. Sehingga Anda tidak perlu repot dalam proses rekonsiliasi & bahkan pembeli Anda tidak perlu melakukan konfirmasi ulang setelah pembayaran. Khusus untuk transaksi menggunakan kartu kredit, payment gateway memiliki teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa penggunaan payment gateway akan menguntungkan semua pihak, baik pembeli maupun penjual atau pemilik toko online. Bagi pembeli, ia akan merasa aman saat bertransaksi dengan toko online melalui payment gateway. Adapun bagi penjual atau pemilik toko online, ia akan merasa sangat nyaman karena kehadiran payment gateway telah meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja toko onlinenya sehingga ia cukup memikirkan hal-hal lain yang lebih penting, misalnya strategi memperbanyak jumlah mailing list-nya dan mengkonversi mereka menjadi pelanggan-pelanggan baru atau meningkatkan omset melalui teknik-teknik terbaru dalam social media marketing.

Kehadiran payment gateway yang menawarkan banyak keuntungan sudah seharusnya disambut dengan penuh senyuman, karena Teknologi payment gateway yang terus berkembang akan semakin memudahkan Anda dalam berbisnis di ranah eCommerce yang terus tumbuh dan semakin menggeliat ini. Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa payment gateway, Veritrans adalah salah satu payment gateway terbaik yang ada di Indonesia.

Ditulis oleh: Adnan Syafii

Join Us

Artikel - Artikel Terkait